Sunday, March 26, 2017

Regulasi pola bagi hasi di wilayah kerja Pertamina akan diubah

May 20, 2010 by  
Filed under BBM

Pemerintah akan menghapus regulasi tentang skema bagi hasil wilayah kerja Pertamina yang dinilai membelenggu upaya pengembangan wilayah kerja tersebut.

Dirjen Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Evita Herawati Legowo mengatakan pemerintah saat ini terus mendorong bagi munculnya lapangan-lapangan produksi baru di Tanah Air agar konsisten meraih target produksi di level 1 juta barel per hari.

Namun, tuturnya, pemerintah mengakui terdapat beberapa kendala yang dihadapi untuk bisa mempercepat upaya peningkatan produksi tersebut.

Contohnya beberapa wilayah kerja Pertamina di Sumatera, Jawa, dan Kalimantan tidak bisa dikembangkan karena adanya regulasi yang membelenggu Pertamina untuk bisa dikerjasamakan dengan pihak lain.

Padahal, tuturnya, apabila regulasi itu tidak ada, potensi peningkatan produksi dari wilayah kerja Pertamina itu bisa mencapai 10.000—15.000 barel per hari.

“Salah satu regulasinya yaitu ketentuan bagi hasil wilayah kerja itu tidak boleh lebih jelek dibandingkan dengan wilayah kerja disekitarnya. Padahal kan setiap wilayah kerja punya karakter berbeda-beda, kendati ia berdekatan. Itu akan kami hapus agar wilayah kerja itu bisa dikembangkan,” katanya hari ini.

Ketika diminta pendapatnya, Dirut Pertamina Karen Agustiawan mengatakan perusahaan menunggu ketetapan dari pemerintah soal perubahan regulasinya.

“Itu kan ketentuannya begini, kalau misalnya 85%:15%, kalau dikerjasamakan pemerintah tidak mau bagiannya yang 15% itu lebih jelek dari wilayah kerja lainnya. Itu susah. Soal bagaimana perubahan yang paling ideal, kami tunggu dari pemerintah saja.”

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.