Saturday, March 25, 2017

Wilayah Kerja Gas Shale Dibuka Untuk Studi Bersama

March 12, 2010 by  
Filed under BBG

Pemerintah segera membuka wilayah-wilayah kerja untuk studi bersama pengembangan gas shale di kawasan Indonesia bagian Timur yang diperkirakan melipatgandakan cadangan gas nasional dengan tambahan sekitar 1.000 triliun kaki kubik.

Direktur Pembinaan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi Ditjen Migas Edy Hermantoro mengatakan gas shale merupakan salah satu gas yang tidak konvensional di luar Coal bed methane (CBM) yang telah dikembangkan di Indonesia.

Menurut dia, berdasarkan studi awal yang dilakukan Institut Teknologi Bandung kandungan gas shale di Indonesia, terutama bagian Timur diperkirakan mencapai 1.000 triliun kaki kubik (tcf).

“Itu baru penelitian awal dari ITB, too early untuk memastikan berapa sebenarnya kandungan sebenarnya,” katanya hari ini.

Untuk lebih mengetahui secara mendetail tentang potensi tersebut, tuturnya, pemerintah akan membuka wilayah kerja untuk dilakukan studi bersama.

Beberapa perusahaan yang sudah memiliki pengalaman mengembangkan gas shale, katanya, telah menyatakan minat kepada pemerintah.

“Bulan ini kami buka WK untuk joint study. Mungkin pertama kali akan dibuka di wilayah onshore. Sudah ada yang menyatakan berminat,” ujarnya.

Gas shale adalah gas yang diperoleh dari serpihan batuan shale (lempung) atau tempat terbentuknya gas bumi. Saat ini, gas shale telah banyak dikembangkan di Amerika Serikat dan Kanada yang disusul oleh Negara-negara Eropa dan juga Australia

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.