Tuesday, May 30, 2017

Western Buyer-BP Migas perpanjang kontrak LNG

March 24, 2010 by  
Filed under BBG

Pembeli gas alam cair (liquefied natural gas/LNG) Western Buyer Jepang dan Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi diketahui telah menyepakati perpanjangan kontrak untuk 25 juta ton selama 10 tahun mulai 2011 untuk segera disetujui dalam kesepakatan gas sales agreement (GSA).

“Yang saya tahu saat ini sudah tercapai kesepakatan antara BP Migas dan Western Buyer mengenai perpanjangan kontrak LNG ke Jepang dari Bontang setelah sebelumnya memang prosesnya cukup alot. Jadi, tinggal menunggu persetujuan GSA-nya saja,” tutur sumber Bisnis di PT Pertamina (Persero) yang mengetahui tentang proses tersebut.

Ketika dikonfirmasi, sumber Bisnis lainnya di BP Migas menyebutkan Head of Agreement (HoA) perpanjangan kontrak akan berlaku secara efektif pada 31 Maret. Menurut dia, pembahasan conditions of precedence (CP) kontrak telah hampir 100% tuntas dibahas dengan Western Buyer.

“Kami sudah menjelaskan ke mereka [Western Buyer], memang belum 100% sukses tetapi insya Allah akhir Maret masalah itu sudah bisa dicairkan,” jelasnya. Menurut dia, dengan berlakunya HoA secara efektif bisa dikatakan perpanjangan kontrak memang sudah bisa dipastikan akan terjadi.

Dalam HoA, tuturnya, sudah ada kesepakatan mengenai harga dan volume kontrak yang jelas. “Proses untuk menuju kesepakatan gas sales agreement [GSA] tidak akan berjalan lama karena secara paralel kami juga sudah membahas mengenai GSA,” katanya.

Dalam kesepakatan HoA yang ditandatangani Pertamina, Total E&P Indonesie, dan Inpex dan enam pembeli Western Buyer: Chubu, Kansai, Kyushu, Nippon Steel, Osaka Gas dan Tohoku disepakati kontrak gas sebanyak 25 juta ton dalam 10 tahun. Volume itu akan dipecah menjadi 3 juta ton per tahun pada 5 tahun pertama dan 2 juta ton per tahun pada 5 tahun kedua.

Pola transportasi untuk LNG tersebut terdiri dari, 2 juta ton LNG dalam bentuk CIF dan 1 juta ton LNG dalam bentuk FOB. Pengiriman LNG sebanyak 2 juta ton per tahun untuk 5 tahun kedua dilakukan dengan pola transportasi 1 juta ton, LNG dalam bentuk CIF dan 1 juta lainnya FOB.

Selain formula harga yang lebih tinggi dari yang diperoleh dalam kontrak sebelumnya, juga disepakati mengenai penghapusan klaim shortage LNG sebanyak 90 kargo hingga 2010 yang diminta oleh Western Buyer kepada Indonesia. Penghapusan klaim tersebut dituangkan dalam bentuk penandatanganan Deliverability Resolution Agreement (DRA) antara Pertamina dan para pembeli LNG Western Buyers.

Menteri Energi dan Sumber Daya Alam Darwin Zahedy Saleh sebelumnya mengisyaratkan pemerintah akan segera merestui perpanjangan kontrak tersebut. Menurut dia, pemanfaatan LNG dalam volume besar untuk domestik sejauh ini masih terkendala oleh minimnya penyediaan infrastruktur di Tanah Air.

“Karena jumlahnya besar, sedangkan kapasitas jaringan transmisi dan distribusi gas di dalam negeri masih terkendala, perlu waktu agar gas tersebut nantinya benar-benar dimanfaatkan untuk domestik,” ujarnya pekan lalu.

Seperti diketahui, kontrak LNG Bontang mencapai sekitar 11—12 juta ton per tahun. Jumlah itu setara dengan produksi gas sebesar 2.600 mmscfd—2.800 mmscfd. Ketika ditanya apakah pernyataannya itu berarti perpanjangan kontrak ke Western Buyer akan segera diteken, Darwin hanya mengatakan, “silakan diterjemahkan sendiri,” seraya melempar senyum dan berlalu dari pertanyaan wartawan.

Pada Februari lalu, Deputi Pengendalian Operasi BP Migas Budi Indianto mengatakan perundingan perpanjangan kontrak dengan pembeli Jepang ditargetkan segera mendapatkan kesepakatan pada Maret. Alotnya pembahasan conditions of precedence, salah satunya disebutkan terkait dengan kepastian operatorship dari Blok Mahakam yang menjadi pemasok utama gas Bontang, setelah beberapa lapangan lain yang menjadi pemasok gas produksinya menurun.

Namun, Dirut Pertamina Karen Agustiawan sebelumnya mengatakan masalah operatorship bukan sesuatu yang dipersoalkan pihak Jepang. “Mereka hanya ingin memastikan bahwa LNG-nya ada, siapapun pemegang operatorship-nya.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.