Monday, March 27, 2017

Wapres saksikan presentasi akhir Donggi-Senoro

May 10, 2010 by  
Filed under BBG

Wakil Presiden Boediono dikabarkan hari ini akan menyaksikan  presentasi akhir terkait kebutuhan gas di dalam negeri yang akan dipaparkan oleh Menteri ESDM di Istana Wapres, guna mengambil keputusan operasional Donggi-Senoro.

Namun, ketika dikonfirmasikan kabar rapat terkait Donggi-Senoro, Juru Bicara Wapres Yopie Hidayat yang biasanya banyak memberi informasi kepada wartawan, memilih tutup mulut.

Acaranya internal, kata Yopie singkat tanpa menepis kabar yang beredar  soal ada rapat tentang Donggi-Senoro di Istana Wapres hari ini lewat pesan singkat telepon genggamnya. Ini sama dengansitus resmi Wapres.

Sebelumnya Yopie memang telah mengatakan Wapres akan mengundang Menko Perekonomian dan Menteri ESDM untuk menyampaikan presentasi akhir mengenai data kebutuhan dan pasokan gas  untuk memutuskan operasional  proyek Donggi-Senoro pada minggu ini.

Presentasi akhir tersebut sebagai pertimbangan bagi Wakil Presiden  untuk memutuskan Donggi-Senoro tersebut di antaranya akan memerinci data  tentang proyeksi kebutuhan  suplai gas.

Jadwal pemaparan presentasi akhir tersebut, jelas Yopie, akan diselenggarakan sebelum Wapres melakukan kunjungan kerja ke Timur Tengah yang dimulai pada 13 Mei 2010, yaitu melihat persiapan haji di Arab Saudia dan menghadiri KTT G-15.

Pemaparan kebutuhan dan pasokan gas tersebut merupakan data paling mutakhir dan akurat, sehingga diharapkan akan menjadi pertimbangan yang akan menghasilkan keputusan Donggi-Senoro yang paling optimal.

Ketika ditanyakan apakah usai presentasi akhir, Wapres akan langsung memutuskan Donggi-Senoro, Yopie mengatakan Boediono juga tetap mengumpulkan banyak data dari pihak lainnya, seperti dari PLN dan Pertamina, serta calon pengguna gas dari dalam negeri lainnya.

Seperti diketahui kalangan anggota DPR mengingatkan nasib proyek Donggi-Senoro yang terkatung-katung bisa memicu titik balik iklim investasi sektor migas nasional ke arah negatif.

Anggota Komisi VII DPR M. Romahurmuziy mengatakan Indonesia berpotensi kehilangan peluang emas untuk meningkatkan investasi di sektor minyak dan gas bumi, setelah calon pembeli Jepang dan Korea Selatan berniat mundur dalam proyek gas alam cair (liquefied natural gas/LNG) Donggi- Senoro.

Calon pembeli LNG Donggi-Senoro memberi waktu PT Donggi-Senoro LNG hingga Juni 2010 untuk menetapkan keputusan akhir investasi proyek

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.