Saturday, March 25, 2017

Wapres: Alokasi gas Donggi-Senoro segera diputus

April 9, 2010 by  
Filed under BBG

Wakil Presiden Boediono menyatakan pemerintah akan segera mengambil keputusan terkait alokasi gas Donggi-Senoro di Banggai, Sulteng.

Keputusan yang diambil tidak akan merugikan Sulteng sebagai daerah penghasil. Namun pemerintah juga akan memperhatikan kebutuhan nasional, di mana saat ini banyak industri yang mengeluh.

“Kita akan kaji demi kemajuan kita bersama. Dan segera akan kita putuskan,” kata Wapres dalam pertemuan dan dialog dengan pimpinan daerah se-Sulteng di Swiss Belhotel Palu, malam ini.

Pada kesempatan itu, Gubernur Sulteng Bandjela Paliudju mengatakan perlu kebijakan khusus pengelolaan gas Donggi-Senoro Sulteng dengan membuka ruang untuk kombinasi aktivitas ekspor dan domestik.

Gubernur menjelaskan pilihan kombinasi ekspor dan domestik merupakan keputusan yang bijak sebab memperhatikan kepentingan daerah dalam hal penerimaan bagi hasil.

Di sisi lain, gas Donggi-Senoro berkontribusi memenuhi kebutuhan gas dalam negeri ini. “Masyarakat Sulteng sangat berharap pemerintah segera memberi persetujuan agar proyek yang terhambat 2 tahun dapat kembali berjalan,” katanya.

Sebelumnya General Manager JOB Pertamina-Medco E&P Tomori Hendra Jaya mengatakan proyek gas Donggi Senoro merupakan investasi terbesar di Indonesia dalam kurun 5 tahun terakhir. Oleh karena itu, dukungan dari pemerintah pusat maupun daerah sangat diharapkan agar kesempatan memperoleh penerimaan sekitar Rp64 triliun tidak hilang sebab pasar tidak dapat menunggu.

Menurut dia, pilihan skema alokasi produksi sebanyak 75% LNG dan 25% domestik merupakan pilihan terbaik untuk memaksimalkan pendapatan negara dan daerah, serta domestik mendapatkan 85-100 mmscfd sesuai kemampun investasi dan daya serap yang realisitis.

“Proyek ini sudah pasti memberi dorongan perkembangan Sulteng. Investasi infrastruktur selama 3-4 tahun akan memberi multiplier effek, belum lagi penyerapan tenaga kerja sekitar 5.000 saat konstruksi dan 500 orang saat produksi,” katanya.(

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.