Friday, February 24, 2017

UU Lingkungan Hidup Bukan Alasan Pangkas Migas

March 16, 2010 by  
Filed under BBM, Featured

Pengamat isu energi dan lingkungan Fabby Tumiwa mengatakan undang-undang tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup nomor 32 tahun 2009 dianggap tidak dijadikan alasan bagi pemerintah untuk memangkas produksi minyak dan gas (migas).

“Saya tidak melihat adanya asumsi-asumsi bahwa dengan adanya Undang-undang Lingkungan Hidup tersebut, pasokan minyak dan gas (migas) akan terpangkas,” tutur Fabby usai perbincangan bertajuk Mengelola Energi Nasional, di Radio Trijaya FM, Jakarta, Senin (15/3/2010).

Menurutnya, masyarakat perlu konsisten dengan UU LH itu. Fabby mengatakan, memang saat ini ada tuntutan agar produksi migas itu ramah lingkungan dan ini jangan dijadikan alasan untuk memangkas energi nasional. “Yang dibutuhkan saat ini yaitu investasi untuk membuat prosesnya lebih efisien dan menjadikan produk migas ramah lingkungan,” ungkap Direktur Institute for Essential Services Reform tersebut.

Fabby melihat investasi ini tidak memerlukan biaya yang besar. Investasi itu bisa diperoleh dari pihak-pihak yang saat ini sudah berinvestasi. Dia menyebutkan, harga produksi minyak saat ini kalau dilihat dari segi daratan, paling tinggi sebesar USD 15 per barel.

Untuk ladang-ladang minyak tua bahkan bisa lebih rendah dari itu. Sementara untuk ladang-ladang minyak di lepas pantai, paling tinggi mencapai USD 20-25 per barel. Lalu untuk harga jual internasionalnya sekarang mencapai USD 70 per barel. Ini artinya, lanjutnya, masih banyak sisa atau keuntungan dari harga jual terhadap biaya produksi tersebut, maka investasi bisa dilakukan dari pihak dalam sendiri.

“Saya tidak menerima alasan kalau investasi akan membuat rugi dan segala macam, tidak benar itu,” tukasnya.

Oleh karena itu, menurut Fabby, yang perlu dilakukan sekarang oleh produsen minyak adalah memakai peralatan baru disesuaikan dengan standar lingkungan, sehingga bisa menghasilkan minyak ramah lingkungan. “Untuk itu, maka diperlukan investasi untuk membeli peralatan

yang berstandar ramah lingkungan tersebut,” tandasnya.

Okezone.com

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.