Thursday, March 30, 2017

Utang BBM PLN ke Pertamina Tinggal Rp 11,5 Miliar

April 27, 2010 by  
Filed under BBM

Jakarta – PT PLN (Persero) masih berutang sebesar Rp 11,5 miliar ke PT Pertamina (Persero) dari pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) selama kuartal I 2010.

“Untuk PLN, sepanjang Januari hingga akhir maret yang belum terbayar Rp 11,5  miliar, dari utang sebelumnya Rp 15 triliun,” ujar Direktur utama Pertamina Karen Agustiawan dalam rapat kerja dengan Komisi VII DPR, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (27/4/2010) malam.

Direktur utama PLN Dahlan Iskan mengakui konsumsi BBM untuk mengoperasikan pembangkit milik perseroan memang terus mengalami peningkatan seiring dengan berkurangnya pasokan gas sebesar 100 juta kaki kubik per hari (million standard cubic feet per day/MMSCFD) di PLTGU Muara Tawar.

Menurut Dahlan, pengurangan pasokan gas dari PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk tersebut telah menyebabkan BUMN Migas tersebut harus mengalokasikan tambahan dana sebesar Rp 5,9 triliun dalam setahun.

“Kalau dapat 100 MMSCFD berarti kita tidak usah beli BBM lagi untuk Muara Tawar,” kata Dahlan.

Direktur Keuangan PLN, Setio Anggoro Dewo menambahkan, untuk menekan pembengkakan anggaran tersebut maka perseroan mengusulkan untuk mengadakan tender terbuka dalam pengadaan tambahan BBM sebagai dampak pengurangan gas tersebut.

“Kami usulkan tender terbuka agar bisa hemat dari tambahan tersebut. Tapi yang komitmen dengan Pertamina kita tidak ganggu gugat. Kita berharap minimal bisa hemat Rp 200 miliar. Karena kehilangan gas nilainya Rp 5,9 triliun maka dengan tendernya bisa ditekan jadi Rp 5,7 triliun dalam setahun,” paparnya.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.