Sunday, January 22, 2017

US$1 miliar Untuk Krisis Listrik Negara Kaya Minyak, Venezuela

February 7, 2010 by  
Filed under BBM, Featured

PRESIDEN Venezuela, Hugo Chavez awal bulanĀ  February 2010 ini mengumumkan telah menyiapkan dana khusus sebesar US$1 miliar (sekitar Rp9,5 triliun) untuk memperkuat penyediaan tenaga listrik.

Proyek tersebut diharapkan mampu mencegah timbulnya krisis energi lagi seperti yang pernah dialami negara itu sekitar akhir tahun lalu.”Kami telah memutuskan untuk menciptakan suatu dana kelistrikan nasional guna pengembangan kelistrikan,” kata Chavez dalam acara televisi dan radio Alo President (Halo Presiden) yang diselenggarakan setiap pekan di Caracas.

Ia mengatakan USS1 miliar dana yang dialokasikan itu akan digunakan untuk mengembangkan 59 pembangkit listrik. Pengembangan disertai proyek-proyek distribusi serta 50 proyek operasional dan perawatan.Negara yang ekspor utamanya didominasi minyak dan gas alam itu sedang bergelut memenuhi permintaan listrik domestik. Saat ini, penyediaan listrik Venezuela bergantung pada pembangkit listrik tenaga air raksasa di kompleks Bendungan Curi. Pembangkit yang mengambil sumber tenaga dari sungai Orinoco tersebut memasok 70% kebutuhan tenaga listrik negara itu.

Tapi dengan musim kering yang melanda kawasan Amerika Latin, tingkat air di Bendungan Guri menurun ke tingkat kritis 9 meter di bawah normal.Menurut para ahli, tingkat air masih menghadapi penurunan 10 sentimeter per hari.Pemerintah setempat mencoba mengurangi konsumsi listrik sebesar 20% di seluruh negara itu. Namun, sejauh ini baru mencapai 4%.”Kami akan segera mengumumkan suatu rencana baru pengurangan konsumsi listrik untuk Caracas,” tutur Menteri Kelistrikan Ali Rodriguez.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.