Tuesday, March 28, 2017

Tumpahan minyak milik BP Plc ancam produksi di Teluk Meksiko

May 4, 2010 by  
Filed under BBM

NEW YORK (Bloomberg): Tumpahan minyak yang semakin meluas dari satu sumur milik BP Plc di Teluk Meksiko dapat mengancam produksi, pengiriman dan pengilangan minyak serta gas alam di Mississippi, Alabama dan Louisiana.

Ketiga negara bagian tersebut hanya memliki cadangan minyak sebesar 19% dari kapasitas penyulingan AS pada 2009, ungkap data dari Energy Information Administration Departemen Energi AS.

“Pedagang merasa gugup tentang seberapa cepat tumpahan minyak ini akan meluas dan apakah bisa memiliki dampak yang signifikan terhadap produksi minyak dan gas alam,” kata Andy Lipow, Presiden Lipow Oil Associates LLC di Houston.

tumpahan minyak pada 20 April itu diikuti oleh sebuah ledakan di satu alat pengeboran yang disewa oleh BP Plc, menewaskan 11 pekerja. Alat pengebor, yang dimiliki oleh Transocean Ltd, tenggelam 2 hari kemudian.

Presiden AS Barack Obama mengatakan kebocoran minyak ini sebagai bencana yang sangat besar dan belum pernah terjadi sebelumnya serta dapat mempengaruhi perekonomian negara-negara bagian dekat Teluk Meksiko dan orang-orang yang mata pencahariannya tergantung pada Teluk ini.

Lipow mengatakan dalam sebuah wawancara telepon hari ini bahwa tumpahan minyak ini bisa menyebar ke arah barat menuju New Orleans, menghalangi kapal yang masuk dan keluar Sungai Mississippi atau pengiriman kargo ke Offshore Oil Port di Louisiana (LOOP).

LOOP, sebuah pelabuhan lepas pantai di Louisiana, melayani bongkar muat kapal tanker dari pipa bawah laut. Barb Hestermann, juru bicara wanita untuk LOOP, mengatakan semua operasi berjalan normal sejauh ini.

“Kami tidak mengantisipasi dampak tersebut. Kami berada sedikit ke barat dari tumpahan minyak tersebut,” kata Hestermann.

LOOP menangani sekitar 10% impor nasional dan 10% untuk produksi dalam negeri melalui jaringan pipa di Teluk Meksiko yang dioperasikan oleh Shell dan BP, ujarnya.

“Kami masih menerima pasokan minyak dari kedua jaringan pipa tersebut,” kata Hestermann.

Lipow mengatakan jika tumpahan minyak itu bergerak ke timur maka pengiriman minyak mentah Chevron Corp sebesar 330.000 barel per hari dari kilang minyak Pascagoula di Mississippi dan kilang minyak Shell Chemicals dekat Mobile, Alabama, bisa terganggu.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.