Friday, January 20, 2017

Tumpahan minyak di Indonesia diprediksi melonjak

June 30, 2010 by  
Filed under BBM

Jumlah kejadian tumpahan minyak di Indonesia diperkirakan melonjak akibat tingginya aktivitas industri perminyakan di Tanah Air.

Johny Malisan, Peneliti Madya Bidang Transportasi Badan Litbang Kemenhub, mengatakan selama kurun waktu 40 tahun terakhir terjadi 14 kejadian tumpahan minyak akibat kecelakaan kapal di Indonesia.

Dari jumlah itu, empat kejadian tumpahan minyak dari kapal berlangsung pada 10 tahun terakhir dengan volume tumpahan sangat besar.

“Limbah minyak dari kapal menjadi isu global dalam industri maritim yang mesti disikapi karena menjadi bagian penting konvensi IMO,” katanya dalam roundtable discussion pencemaran laut di Badan Litbang Kemenhub, hari ini.

Johny menegaskan jumlah kejadian tumpahan minyak dari kapal di Indonesia masih relatif kecil dibandingkan dengan seluruh dunia yang mencapai ratusan kejadian.

Dia menyatakan kejadian terakhir di Indonesia pada 2008 yakni Tanker MT Kharisma Selatan yang terbalik di Dermaga Mirah Semarang dengan volume tumpahan 500 kiloliter MFO.

Pada 2001, MT Stedfast yang tenggelam di Cirebon menumpahkan 1.200 ton limbah minyak. Pada 2000, dua kejadian tumpahan minyak dari kapal yakni KM HHC yang tenggelam di Cilacap dengan menumpahkan 9.000 ton aspal dan MT Natuna Sea karam di Pulau Sambu dengan menumpahkan 4.000 ton minyak.(yn)

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.