Wednesday, January 18, 2017

Tumpahan Minyak Anjungan Teluk Meksiko Resahkan Amerika

May 1, 2010 by  
Filed under BBM

Tumpahan minyak akibat ledakan di anjungan minyak di perairan Teluk Meksiko minggu lalu resahkan Amerika. Soalnya, perairan negeri itu kian hari kian dikepung tumpahanminyak tersebut. Menurut catatan televisi ABC melalui lamannya pada Jumat (30/4/2010), tiap hari ada 5.000 barrel minyak mentah yang mengotori kawasan perairan dimaksud akibat insiden itu.

Pemerintah AS pun kelihatan gentar. Meski demikian, gerak cepat dilakukan dengan membuat peraturan yang melarang pengeboran minyak di tempat-tempat baru di pantai AS. “Pemerintah masih menunggu hasil penyelidikan,” begitu kata Penasihat Gedung Putih David Axelrod.

Sebetulnya, bulan lalu Presiden Barack Obama melonggarkan moratorium mengenai pengeboran baru. Tumpahan minyak, kini, sudah mulai mencapai pantai Louisiana. Sementara itu, Angkatan Laut Amerika dikerahkan untuk membantu menghindari bencana ekonomi dan lingkungan.

Kawasan rawa-rawa di dekat pantai Louisiana berisi ratusan spesies fauna liar dan merupakan daerah industri makanan laut dan perikanan yang besar. Inilah yang bakal terancam tumpahan minyak tersebut.

Axelrod, kendati begitu, tetap membela tanggapan pemerintah terhadap ledakan pada 20 April lalu yang menghancurkan anjungan lepas pantai Deepwater Horizon. Anjungan itu dioperasikan perusahaan minyak Inggris BP.

Selanjutnya, Pemerintah Federal Amerika menyatakan tumpahan minyak di Teluk Meksiko itu sebagai insiden nasional. Penetepan status itu pula yang memungkinkan pemerintah menggunakan segala sumber daya dari tempat lain di Amerika.

Gubernur Bobby Jindal sudah menyatakan keadaan darurat di negara bagian itu dan meminta dana pemerintah federal mengerahkan 6.000 tentara untuk membantu membersihkan tumpahan itu. Negara bagian Mississippi, Alabama, dan Florida juga terancam karena bocoran minyak terus mengalir dari kerangka anjungan.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.