Friday, January 20, 2017

Trafo meledak, PLN akan panggil ABB Swedia

July 23, 2010 by  
Filed under BBM

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) akhirnya memanggil pabrikan asal Swedia, ABB, terkait dengan ledakan trafo arus (current transformer/CT) yang terjadi pada trafo 150/20 kV di PLTGU Muara Karang kemarin.

Direktur Utama Dahlan Iskan mengungkapkan sebanyak sembilan trafo dengan merek, jenis, dan tipe yang sama meledak dalam kurun waktu lima tahun terakhir.

“Kita memutuskan memanggil pemasok ini [ABB] untuk minta keterangan mengapa terjadi [ledakan] seperti ini. Di Jakarta saja, ada 1.480 trafo arus seperti ini. Saya takut dalam 1-2 hari, ada lagi kejadian serupa,” katanya hari ini.

Perusahaan listrik pelat merah itu menduga adanya kesalahan disain pada trafo arus tersebut sehingga menyebabkan ledakan di Gardu Induk Muara Karang.

Untuk itu, Dahlan menambahkan, persero akan melakukan pemeriksaan terhadap semua trafo yang ada di wilayah Jakarta guna mengantisipasi terjadi ledakan yang berujung pada pemadaman listrik bergilir.

Di sisi lain, Dahlan mengatakan perseroan itu membelanjakan dana sekitar Rp402 miliar guna pembelian enam power transformer (PT) baru yang masing-masing berkapasitas 400 MW yang akan dicadangkan untuk mendukung gardu induk Gandul, Bekasi, Kembangan, Cibatu, Cilegon, dan Paiton.

“Satu unit PT itu ditebusnya sekitar Rp67 miliar. Kita harapkan pada Oktober ini sudah terpasang.”

PLN, dia menambahkan, berharap trafo yang akan dipasok oleh empat perusahaan yang ditetapkan sebagai pemenang tender tersebut bisa mendatangkannya sesuai jadwal, yakni awal September.

Keempat perusahaan pemenang tender tersebut terdiri dari ABB asal Swedia dan Areva asal Prancis yang masing-masing memasok satu trafo. Selain itu, juga ada perusahaan asal China Xi An dan Shen Yang yang masing-masing memasok dua trafo.

Comments

One Response to “Trafo meledak, PLN akan panggil ABB Swedia”
  1. Ahmad Yunus says:

    Saya sangat mendukung langkah pak Dahlan Iskan untuk meminta klarifikasi dari perusahaan pemasok Trafo yang sering meledak tersebut. Hal ini juga nantinya akan menjadi bahan masukan kepada produsen Trafo yang bersangkutan untuk terus melakukan perbaikan terhadap produk yang dihasilkan.
    Langkah pak Dahlan Iskan patut diberi acungan jempol karena berani mempertanyakan permasalahan yang terjadi kepada pihak produsennya. Kebiasaannya kalau ada masalah seperti itu tidak mau repot-repot untuk minta klarifikasi.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.