Friday, July 21, 2017

Total & ConocoPhilips sepakati soal Blok Arafura

May 12, 2010 by  
Filed under BBM, Featured

Total S.A. dan ConocoPhilips menyepakati perpindahan hak partisipasi atas Blok Arafura Sea dan Amborip VI di lepas pantai Laut Arafura yang selama ini dioperatori oleh ConocoPhilips.

Dalam siaran persnya, Total menyebutkan perusahaan telah menandatangani kesepakatan dengan ConocoPhilips untuk mengakuisisi 24,5% hak partisipasi perusahaan asal Amerika Serikat tersebut masing-masing di Blok Arafura Sea dan Amborip VI. Dengan kesepakatan tersebut, hak partisipasi ConocoPhilips atas Arafura Sea menyusut menjadi 75,5% dengan tetap mempertahankan kendali sebagai operator blok.

Adapun, sebut laporan itu, hak partisipasi ConocoPhilips di Blok Amborip VI berkurang menjadi 51%. Opic Indonesia Corporation merupakan perusahaan yang memiliki sisa hak partisipasi sebesar 24,5%.

“Terletak di kedalaman air antara 30—100 meter, Blok Arafura Sea dan Amborip VI masing-masing berluar 9.000 kilometer persegi. Di setiap blok, eksplorasi sumur pertama direncanakan akan dilakukan pada akhir 2010,” sebut siaran pers tersebut hari ini.

“Dengan akuisisi ini, Total melanjutkan strategi perusahaan untuk lebih jauh mengembangkan kegiatan ekplorasi dan eksploitasi di Indonesia.”

Hingga berita ini dimuat, Bisnis belum mendapatkan konfirmasi dari kedua perusahaan.

Blok Arafura Sea merupakan wilayah kerja migas yang dilepas pemerintah pada 13 November 2008. Adapun, Amborip VI dikuasai ConocoPhilips sejak 2006.

Berdasarkan ketentuan yang ada, investor bisa melepaskan sebagian hak partisipasinya dengan syarat tidak terjadi perpindahan operator.

Sebelumnya, kepada Bisnis President Total E&P Yves Louis Darricarrere mengatakan perusahaan juga bermaksud untuk mengakuisisi Blok Warim yang saat ini juga dikuasai ConocoPhilips. Bahkan, dia mengatakan perusahaan siap mengambil alih status operator dari blok migas yang sudah lebih dari 10 tahun tidak mengalami kemajuan berarti akibat aturan di sektor kehutanan.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.