Sunday, March 26, 2017

Tokoh Migas Arifin Panigoro Raih Doktor HC Dari ITB

January 24, 2010 by  
Filed under Featured, Seminar

ITB menganugerahkan gelar Doktor Kehormatan (honoris causa) dalam bidang technopreneurship kepada pendiri Medco Group Arifin Panigoro, pada hari Sabtu (23/1/2010).Latar belakang yang menjadikannya layak untuk menerima Penghargaan tersebut adalah karna kemampuannyna mengembangkan industri minyak dan gas nasional melalui usaha konstruksi pipa, pengeboran minyak, eksplorasi, dan produksi migas. Gelar penghargaan tersebut bisa menjadi pemicu agar semua pemangku kepentingan dapat bekerja lebih keras dalam mewujudkan pembangunan masyarakat entrepreneurial, dimana Salah satu kunci pembangunan masyarakat entrepreneurial adalah melalui penguasaan teknologi dalam pengembangan bisnis.

Dalam 10 tahun terakhir usaha yang telah dikembangkannya itu mampu memberikan total kontribusi US$7,6 miliar kepada negara. Membangun industri energi Indonesia memerlukan semangat tecnopreneur, dan Arifin Panigoro adalah pelopor dalam dalam hal ini, karena secara konsisten berkarya dan berjuang di bidang indstri migas. Saat ini jaringan usaha Arifin Panigoro melalui Medco Group menyerap 100 tenaga sarjana baru setiap tahunnya.

Arifin Panigoro adalah orang ketujuh yang menerima gelar kehormatan itu sepanjang sejarah berdirinya ITB. Enam penerima gelar Doktor HC lainnya adalah Ir Soekarno, Sediatmo, J Rooseno, Soetardjo Sigit, Hartarto Sastrosoenarto, dan Emil Salim. Arifin Panigoro memberikan kontribusi signifikan tidak hanya untuk sektor migas saja, namun juga sektor pangan melalui pengembangan pagi SRI organic yang ramah lingkungan dan memiliki produktivitas tinggi.
Dia mengembangkan konsep pangan, energi, dan pendidikan secara terintegrasi dengan mendayagunakan potensi alam di Merauke, Papua.

Gelar honoris causa ini menandakan pula sebagai pernyataan ITB kepada publik tentang pentingnya pengembangan semangat kewirausahaan bagi kemajuan bangsa.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.