Saturday, October 21, 2017

Tersandung Pasokan, PIM Berburu Gas ke Pasar

March 10, 2010 by  
Filed under BBG

KETERSEDIAAN pupuk dan ketahanan pangan ibarat dua sisi mata uang. Sangat terkait dan tidak bisa dipisahkan. Bila pasokan pupuk terpenuhi, ketahanan pangan tidak terganggu. Sebaliknya, jika pupuk langka atau mahal, ketahanan pangan akan goyah. Celakanya, beberapa tahun terakhir produsen pupuk harus berkutat dengan kesulitan mendapatkan gas alam cair untuk berproduksi.

Seperti yang dialami BUMN pupuk PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) di Lhok Seumawe, Aceh.
Sudah sejak 2004 PIM tidak mendapatkan pasokan gas karena kontrak dengan Exxon Mobil berakhir. Exxon kemudian beralih mengekspor gasnya ke Jepang.

Hilangnya pasokan gas membuat kinerja PIM goyah. Direktur Utama PIM Mashudianto menuturkan, demi tetap beroperasinya kedua pabrik PIM, ia dan jajaran direksi terpaksa mencari gas dari pasar. Konsekuensinya, harganya lebih mahal sehingga uang negara yang harus dikeluarkan lebih besar.

Meski telah mendapatkan gas dari pasar, persoalan tidak lantas selesai. Pasalnya, pasokan gas dari pasar belum dapat memenuhi kebutuhan gas PIM sebanyak 11 kargo per tahun. Manajemen PIM terus berupaya mencari gas untuk menghidupkan kedua pabriknya. Pada 2006, BUMN itu mendapatkan tiga kargo LNG dari BUMN pupuk lainnya, PT Pupuk Kalimantan Timur, dengan cara swap. Namun, upaya itu tetap saja tidak mampu memenuhi kebutuhan gas kedua pabrik PIM. Alhasil, hanya 25% pabrik yang bekerja dari kapasitas terpasangnya.

Padahal, PIM diserahi tanggung jawab untuk menyuplai pupuk urea bersubsidi kepada petani di Aceh dan Sumatra Utara. Selain itu, bersama PT Pupuk Sriwijaya, PIM melakukan kerja sama operasi untuk menyuplai pupuk bersubsidi ke Sumatra Barat, Riau, Sumatra Selatan, dan Lampung.

“Terpaksa satu pabrik tidak beroperasi. Tapi tetap kami rawat agar ketika gas sudah ada dapat digunakan kembali,” kata Mashudianto kepada Media Indonesia, beberapa waktu lalu.

MediaIndonesia

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.