Thursday, March 30, 2017

Tender proyek Telaga Ngebel memasuki tahap kedua

March 26, 2010 by  
Filed under Geothermal

Proyek eksplorasi tenaga panas bumi (geothermal) di Telaga Ngebel dan Belawan Ijen sudah memasuki proses tender tahap kedua.

M. Iqbal Junianto, Kepala Bidang (Kabid) Energi dan Kelistrikan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim), tahap studi kelayakan dan site plan diharapkan bisa segera dilakukan setelah proses tender berjalan lancar.

“Semua tahapan itu diharapkan tuntas pada 2013 sehingga bisa diteruskan pada tahap berikutnya, yakni eksplorasi. Dari sebelas titik potensi yang dimiliki Jatim, Telaga Ngebel dan Belawan Ijen adalah yang masuk skala prioritas,” katanya hari ini.

Sebelas potensi yang dimiliki Jatim selain Ngebel dan Belawan a.l Cangar, Songgoriti, keduanya di Kota Batu Arjuno, Welirang, hingga Argopuro yang berada di dua wilayah kabupaten yakni Pasuruan dan Mojokerto.

“Telaga Ngebel berada di dua wilayah yakni Kab. Madiun dan Ponorogo. Sedangkan Belawan Ijen berada di Kab. Situbondo. Potensi yang dihasilkan dari Ngebel diperkirakan mencapai 120 MW dan untuk Belawan sekitar 270 MW.”

Dengan potensi sebesar itu, kebutuhan pasokan listrik nasional juga bisa tercukupi, tidak hanya mencukupi kebutuhan listrik di wilayah Jatim. Hanya saja, fokus utama adalah untuk memenuhi kebutuhan listrik di Jatim, mengingat tingginya kebutuhan listrik utamanya untuk skala industri.

“Sekaligus untuk menjawab ancaman kemungkinan hengkangnya investor dari Jatim kalau ketersediaan listrik tidak tercukupi,” ujarnya.

Dia menambahkan siapapun pemenang tender nanti tentunya harus didukung oleh finansial yang kuat sehingga tidak menutup kemungkinan pemodal dalam negeri akan menggandeng investor asing mengingat investasi di bidang tenaga panas bumi membutuhkan dana tak kurang Rp4 triliun dan jaminan sedikitnya USD10 juta.

“Selain dalam hal pendanaan, investor asing keberadaannya juga sangat diperlukan dalam hal mendukung teknologinya,” jelasnya.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.