Tuesday, May 30, 2017

Tender distribusi BBM 1011 sisakan 5 perusahaan

July 5, 2010 by  
Filed under BBM

Perebutan posisi sebagai calon penyedia dan distributor pendamping PT Pertamina (Persero) dengan kuota sekitar 300.000 kiloliter bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi untuk 2011 tinggal menyisakan lima badan usaha.

“Hingga penutupan masa pemasukan dokumen penawaran pada 2 Juli, terdapat enam badan usaha calon penyedian dan distributor BBM bersubsidi 2011, yaitu PT Pertamina (Persero) dan lima badan usaha calon pendamping Pertamina,” kata Anggota Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi Jugi Prajogio hari ini.

Kelima badan usaha non Pertamina yang mengajukan penawarannya, meliputi PT Aneka Kimia Raya Corporindo Tbk, PT Elnusa Tbk, PT Petronas Niaga Indonesia, PT Shell Indonesia, dan PT Total Oil Indonesia.

Jugi tidak memberikan rincian mengenai wilayah distribusi mana saja yang diminati oleh kelima badan usaha tersebut. “Tim lelang belum membuka penawaran dari badan usaha. Mungkin Senin baru disampaikan ke Komite BPH Migas.”

Tahun ini BPH Migas mengundang sedikitnya 34 badan usaha untuk ikut kontes pemilihan penyedia dan distributor BBM bersubsidi 2011.

Namun, pada saat verifikasi diketahui hanya terdapat 15 perusahaan yang sempat berniat melanjutkan partisipasinya. Badan-badan usaha itu tahun depan memperebutkan sekitar 300.000 kiloliter BBM bersubsidi yang terdiri dari premium dan solar.

Volume BBM bersubsidi itu lebih besar jika dibandingkan dengan volume yang diserahkan kepada swasta tahun lalu, yaitu 56.500 kiloliter solar untuk PT Aneka Kimia Raya Corp. dan 20.440 kiloliter premium untuk PT Petronas Niaga Indonesia.

Tahun ini pemerintah memperluas cakupan wilayah distribusi yang bisa diisi oleh pendamping Pertamina. Namun, daerah-daerah yang dijadikan ajang perebutan itu terdiri dari daerah-daerah terpencil yang belum mendapatkan akses terhadap BBM bersubsidi yang memadai dari penyedia dan pendistribusi sebelumnya.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.