Saturday, May 27, 2017

Tata Niaga Elpiji 3 Kg Dibenahi

May 6, 2010 by  
Filed under BBG, Featured

Jakarta: Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) bekerja sama dengan PT Pertamina (Persero) terus membenahi tata niaga elpiji nasional, khususnya untuk kemasan 3 kilogram. Ketua Umum Hiswana Migas Ery Purnomohadi mengatakan pihaknya ingin meminimalisasi berbagai kendala baik penyaluran maupun kualitas elpiji ke masyarakat.

“Memang saat ini bisa dikatakan kelebihan. Kami terus bekerja sama agar tata niaga elpiji 3 kg ini semakin baik,” katanya di Jakarta, Selasa (4/5).

Menurut dia, pembenahan tersebut antara lain dilakukan dengan pemberian kuota. Ia mencontohkan, di wilayah DKI, Jabar dan Banten, tiap-tiap agen diberi jatah kuota 50.000 tabung 3 kg per bulan. “Jumlah ini masih cukup ekonomis. Nanti juga akan dibuat jadwal waktunya,” kata Ery.

Ia mengatakan, sejak kebijakan konversi minyak tanah ke elpiji diberlakukan, maka para agen minyak tanah otomatis menjadi agen elpiji. Mengenai kecelakaan elpiji 3 kg, menurut Ery, harus diteliti lebih jauh penyebabnya, apakah kesalahan manusia atau teknis. “Kalau soal kualitas tabung, saya kira Pertamina sudah memiliki standar tertentu yang cukup ketat,” ujarnya.

Sementara itu, juru bicara Pertamina Basuki Trikora Putra mengatakan, saat ini, pihaknya sudah menunjuk 2.600 agen sebagai mitra kerja untuk menjamin penyaluran elpiji 3 dan 12 kg. Agen tersebut terdiri atas 2.100 agen elpiji bersubsidi dan 500 agen nonsubsidi. Menurut dia, alokasi agen bervariasi sesuai dengan kebutuhan area setempat.

Pertamina mengalokasikan 4,3 juta metrik ton elpiji untuk memenuhi permintaan masyarakat selama 2010. Alokasi tersebut diperoleh dari hasil produksi kilang 2,3 juta metrik ton dan sisanya impor. Dengan jumlah tersebut, Basuki optimistis tidak akan terjadi kelangkaan gas di masyarakat. Untuk menjaga kualitas isi dan tabung gas, Pertamina melakukan pengawasan sesuai kontrak.

“Bagi yang melakukan pelanggaran tentu dijatuhi sanksi,” kata Basuki.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.