Friday, January 20, 2017

Target Gagal Tercapai, Dana Bagi Hasil Turun

March 9, 2010 by  
Filed under BBM

Jakarta – Daerah yang menjadi lokasi proyek migas Blok Cepu harus turut menanggung konsekuensi dari tidak tercapainya target produksi 20 ribu barel per hari (bph). Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, misalnya baru menerima dana bagi hasil (DBH) produksi minyak dan Blok Cepu selama kurun waktu 2009 sebesar Rp 29 miliar. Penerimaan ini jauh lebih rendah dari yang dijanjikan yakni Rp52 miliar.

“Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Bojonegoro disusun setelah Kementerian Keuangan pada awal 2009 lalu memproyeksikan DBH sekitar Rp132 miliar. Kemudian di revisi menjadi Rp52 miliar, namun realisasinya hanya Rp29 miliar,” ujar Ketua Komisi B DPRD Bojonegoro Hisbullah Huda, dalam diskusi Transparansi Migas di Blok Cepu, di Jakarta, Senin (8/3).

Kondisi ini, imbuh Hisbullah menyebabkan Pemda Bojonegoro terkena penalti akibat gagal bayar (default) kepada beberapa kontraktor proyek pembangunan berbagai infrastruktur. “Beberapa proyek pembangunan menjadi tersendat karena kami tidak bisa membayar akibat APBD defisit karena mengandalkan DBH yang dijanjikan Rp132 miliar itu,” tutur Hisbullah.

Pihaknya telah menanyakan hal ini kepada Kementeriang Keuangan. “Saat kami konfirmasi ke Kementerian Keuangan disebutkan adanya masalah kurang salur. Disebutkan juga alasan harga minyak yang turun dan produksi yang molor dari 2008 menjadi akhir 2009 ,” ujar Hisbullah.

Karena itu pihaknya menargetkan DBH tahun ini Rp80 miliar dari potensi penerimaan Rp130 miliar. “Kita mencoba bersikap realistis saja mudah-mudahan seiring dorongan produksi maksimal blok Cepu, penerimaan daerah juga bertambah,” ujar Hisbullah.

Hal senada diungkapkan Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Blora, Adi Purwanto. Menurutnya, DBH Kabupaten Blora hanya mendapat Rp1,1 miliar dari alokasi Rp1,1 miliar.

“Di Blora memang hanya ada lapangan Gianti milik Pertamina EP yang baru selesai survei seismik. Jadi baru pada 2012 akan berproduksi,” ujar Adi.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.