Monday, May 22, 2017

Tanda-tanda Pemulihan AS Akibatkan Harga Minyak Naik 1$

May 1, 2010 by  
Filed under BBM, Featured

New York (ANTARA News/AFP) – Harga minyak naik hampir satu dolar pada Jumat waktu setempat, karena tanda-tanda pertumbuhan ekonomi lebih lanjut di Amerika Serikat mengangkat harapan permintaan lebih kuat.

Kontrak berjangka utama New York, minyak mentah light sweet untuk pengiriman Juni, meningkat 98 sen menjadi 86,15 dolar per barel.

Minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Juni naik 54 sen menjadi 87,44 dolar per barel.

Pada Jumat, Departemen Perdagangan mengatakan bahwa ekonomi AS tumbuh 3,2 persen di tiga bulan pertama tahun ini karena belanja konsumen meningkat.

Pertumbuhan ini didorong oleh peningkatan pengeluaran dan ekspor, namun diimbangi oleh peningkatan impor dan berkurangnya pengeluaran negara dan pemerintah daerah.

Perkiraan pertama untuk produk domestik bruto adalah sedikit di bawah harapan pasar untuk pertumbuhan sebesar 3,3 persen.

“Kami memulai hari dengan catatan yang baik angka-angka PDB. Itu adalah cukup layak untuk rally lebih lanjut,” kata John Kilduff dari Round Earth Capital.

Itu, katanya, “diterjemahkan ke dalam kenaikan permintaan bensin.”

Laju pertumbuhan jauh di bawah kuartal terakhir 2009, ketika pertumbuhan diperkirakan sebesar 5,6 persen, pertumbuhan terkuat dalam enam tahun.

Minyak mentah berjangka telah melambung tinggi pada Kamis, sejalan dengan meningkatnya pasar ekuitas, menguatnya data pekerjaan, dolar melemah dan berkurangnya kekhawatiran tentang Yunani.

Harga pada Jumat juga didukung oleh meningkatnya pasar modal di Asia dan Eropa setelah rally di Wall Street di tengah hasil perusahaan AS yang menggembirakan.

Penurunan untuk klaim tunjangan pengangguran AS telah mengangkat harga minyak dunia pada Kamis.

Departemen Tenaga Kerja AS mengatakan klaim awal pengangguran jatuh untuk yang kedua minggu berturut-turut dengan 11.000, dalam pekan yang berakhir 24 April.

Tuntutan tersebut lebih tinggi dari yang diharapkan namun data masih “menunjukkan semacam pemulihan ekonomi AS, memberikan dukungan untuk harga minyak mentah,” kata Serene Lim, analis bank ANZ berbasis di Singapura kepada AFP.

Lim dan analis lain mengatakan berita bahwa paket bailout untuk Yunani yang dihantam krisis bisa segera tercapai juga terlihat meningkatkan pasar keuangan global dan harga minyak.

“Selera risiko kembali ke pasar global … pada harapan bahwa momentum politik berkumpul di Eropa untuk memberikan paket bantuan besar kepada Yunani dalam waktu dekat,” kata Dariusz Kowalczyk, kepala strategi investasi SJS Markets Ltd di Hong Kong.

“Ada perubahan yang jelas dari retorika yang berasal dari para pemimpin Uni Eropa jauh dari pengaturan kondisi pada bantuan menuju sebuah pengakuan bahwa sesuatu harus segera dilakukan untuk mencegah penularan lebih lanjut,” katanya dalam catatan.

Yunani dalam negosiasi dengan Uni Eropa dan Dana Moneter International tentang bailout keuangan yang pemerintah katakan sangat dibutuhkan pada 19 Mei dalam rangka menghindari kehancuran default utang.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.