Tuesday, July 25, 2017

Tak Rela Beri Makan, Perompak tanker minyak Dilepas

May 9, 2010 by  
Filed under BBM, Featured

Para perompak yang ditangkap pasukan khusus Rusia telah dibebaskan. Namun, Rusia tidak mau memberi makan ketika begundal itu menghuni penjara.

Pihak berwenang Rusia semula mengatakan, para bajak laut itu akan dibawa ke Rusia untuk menghadapi tuduhan kriminal setelah membajak sebuah kapal tanker minyak Rusia. Namun, juru bicara Departemen Pertahanan, Kolonel Alexei Kuznetsov, sebagaimana dilansir Telegraph, Kamis (7/5/2010), mengatakan, para bajak laut itu telah dibebaskan.

Konvensi Laut, yang ikut ditandatangani Rusia, mengatakan bahwa pengadilan suatu negara yang menangkap kapal perompak di laut lepas berhak untuk memutuskan hukuman apa yang harus dikenakan. Namun, sejumlah negara berhati-hati menyeret para berandal itu ke ruang sidang karena takut dibebani setelah mereka menempati penjara.

Kolonel Kuznetsov tampaknya menggaungkan lagi kekhawatiran itu ketika ditanya, mengapa para perompak yang telah merebut kapal tanker itu dibebaskan. “Mengapa kami harus memberi makan para bajak laut?” jawabnya.

Presiden Rusia Dmitry Medvedev, yang telah mengisyaratkan hukuman berat bagi para bajak laut tersebut, mengatakan, “Mungkin kita harus kembali ke gagasan untuk mendirikan sebuah pengadilan internasional dan perangkat hukum lain untuk menuntut para bajak laut. Sebelum itu ada, kami harus melakukan apa yang nenek moyang kami lakukan ketika mereka bertemu para perompak,” katanya.

Sebagai informasi, para perompak naik ke kapal tanker Moscow University, Rabu lalu. Mereka ditangkap, Kamis, setelah pasukan khusus dari kapal perang Rusia menyerbu tanker itu. Pertempuran sempat terjadi dan seorang pembajak tewas, sedangkan 10 lainnya ditahan.

Departemen Pertahanan Rusia mengatakan, kapal perang itu memberi peringatan dengan tembakan dari senapan mesin berkaliber besar dan sebuah artileri berukuran 30 mm. Anggota pasukan khusus kemudian turun ke tanker itu dari helikopter. Ke-23 awak tanker, yang telah berlindung di ruang yang aman, tidak terluka.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.