Saturday, March 25, 2017

Soal Donggi-Senoro, tak terpengaruh kepentingan asing

May 16, 2010 by  
Filed under BBG

Pemerintah memastikan pengambilan keputusan soal alokasi gas dari ladang Donggi-Senoro tidak akan terpengaruh kepentingan asing. Untuk  memutuskannya, pemerintah perlu mempertimbangkan pula kebijakan revitalisasi industri yang juga tergantung pada pasokan gas.

Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa menuturkan usulan yang berkembang mengenai alokasi gas dari Donggi-Senoro masih bercampur antara kepentingan domestik dengan kebijakan ekspor. Namun, belum ada keputusan resmi mengani hal itu, karena pemerintah masih menunggu masukan dari pihak ketiga lainnya.

”Intinya tak ada tekan-tekanan dari asing di sini. Ini murni soal bisnis dan kepentingan nasional, dan murni tentang kelangsungan usaha,” tegas Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa di kantornya, pekan lalu.

Mengenai komposisinya, Hatta mengatakan itu bersifat dinamis sesuai dengan Instruksi Presiden No.01/2010 terkait Percepatan Pelaksanaan Prioritas Pembangunan. Salah satu program yang masuk dalam prioritas di Inpres tersebut adalah revitalisasi pabrik pupuk di sejumlah daerah yang kelangsungannya sangat tergantung dari pasokan gas Donggi-Senoro. “Jadi memang mix itu penting. Itu masuk dalam program revitalisasi industri,” ujar dia.

Kendati demikian, Hatta belum bisa memastikan kapan masalah alokasi gas dari Donggi-Senoro bisa diputuskan.

Seperti diketahui, cetak biru gas nasional telah diserahkan ke Wakil Presiden Boediono pada akhir April lalu. Substansinya adalah peruntukan gas nasional paling besar untuk kepentingan domestik, dengan mempertimbangkan sistem distribusi, transmisi, infrastruktur dan penyimpanannya.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.