Sunday, September 24, 2017

Semburan Gas Akibatkan Kalila Rugi Rp122 Juta Per Hari

March 17, 2010 by  
Filed under BBG

Insiden semburan gas yang tak terkendali di sumur Pegan I milik PT Kalila Energi Ltd. di Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan, Riau, diperkirakan bisa mengakibatkan perusahaan merugi sedikitnya Rp122,562 juta per hari.

Kerugian itu muncul karena karena gas yang terbuang percuma.

“Kita terus berpacu dengan waktu agar gas tidak terus terbuang,” kata Operation Area Manager PT Kalila, Agustinus Parinding, ketika dihubungi dari Pekanbaru,  hari ini.

Insiden semburan gas yang mencapai ketinggian 30 meter di sumur Kalila terjadi sejak Minggu dan hingga kini belum bisa ditanggulangi.

Perusahaan mengeksploitasi sumur Pegan I untuk memenuhi pasokan gas ke PLTU Teluk Lembu di Pekanbaru, karena adanya kontrak kerja sama dengan PT PLN.

Menurut Agustinus, jumlah gas yang terbuang percuma akibat insiden tersebut mencapai sekitar 5 MMSCFD (Million million Standard Cubic Feet per Day). Ia mengatakan nilai kontrak gas Kalila dengan PLN mencapai US$2.650 per 1 MMSCFD.

Dengan begitu, kerugian yang diderita perusahaan dalam sehari sedikitnya mencapai US$13.250 per hari atau setara Rp122,562 juta, dengan asumsi nilai tukar terhadap dollar AS Rp9.250.

Sedangkan nilai kerugian perusahaan selama tiga hari terakhir diperkirakan mencapai Rp367,687 juta akibat gas bumi yang terbuang.

Agustinus mengatakan tim dari Ditjen Migas Kementerian ESDM akan meninjau lokasi semburan gas untuk membantu mencari solusi masalah tersebut.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.