Friday, March 24, 2017

Sembilan Izin Tambang Batubara Dicabut

February 26, 2010 by  
Filed under Coal, Featured

BENGKULU – Pemerintah Provinsi Bengkulu dalam waktu dekat akan mencabut sembilan perizinan pertambangan yang tidak dimanfaatkan oleh pemiliknya.

“Izinnya sudah terbit dan potensinya ada tetapi tidak ada aktivitas, ini akan kita usulkan untuk dicabut,” kata Gubernur Bengkulu Agusrin M Najamudin usai menghadiri presentasi pengembangan panas bumi proyek Hululais yang dilakukan PT Pertamina Geothermal Energy di Bengkulu, Kamis (25/2).

Menurutnya, perizinan tersebut akan dicabut karena masih banyak investor lain yang berniat berinvestasi di bidang yang sama. Selain itu, kebutuhan batu bara dalam negeri untuk mengatasi krisis energi nasional masih tinggi sehingga produksi batu bara diharapkan lebih meningkat.

“Kami sedang melakukan inventarisasi dan saat ini sudah ada sembilan izin yang dipastikan untuk dicabut,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Bengkulu, Winarkus mengatakan lokasi sembilan tambang yang sudah diterbitkan perizinannya itu sebagian besar terdapat di Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Bengkulu Tengah dan Kabupaten Seluma.

Sebagian besar perizinan tersebut diterbitkan oleh bupati setempat dalam bentuk Kuasa Pertambangan (KP). “Ini juga menyulitkan kami untuk melakukan pengawasan pertambangan karena sebagian besar izinnya diterbitkan oleh bupati,”katanya.

Winarkus mengatakan, saat ini terdapat 32 izin pertambangan yang terdapat di Provinsi Bengkulu dan sembilan diantaranya sudah melakukan eksploitasi atau tahap produksi. Sembilan perusahaan tambang yang beroperasi tersebut menghasilkan produksi 1,8 juta ton pada 2009 lalu.

Media Indonesia
Andika Wahyu

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.