Thursday, January 19, 2017

Sekilas Mengenai Biofuel

December 29, 2009 by  
Filed under Bio Energi, Featured

Sebagai salah satu negara tropis yang memiliki sumberdaya alam yang sangat potensial. usaha pertanian di Indonesia merupakan usaha yang sangat potensial untuk dikembangkan karena Indonesia memiliki potensi sumber daya lahan, agroklimat dan sumber daya manusia yang memadai. Kondisi iklim tropis dengan curah hujan yang cukup, ketersediaan lahan yang masih luas, serta telah berkembangnya teknologi optimalisasi produksi dapat mendukung kelayakan pengembangan usaha agribisnis.Krisis energi bahan bakar minyak yang diinduksi oleh meningkatnya harga BBM dunia telah membuat Indonesia sangan perlu mencari sumber-sumber bahan bakar alternatif yang mungkin cocok dikembangkan di Indonesia. Kondisi alam Indonesia  nampaknya memilki peluang yang sangat besar untuk pengembangan energi altenatif biofuel.

Sudah dipastikan cadangan minyak bumi akan habis, dan akhir akhir ini biofuel nampaknya menjadi salah satu idola sebagai  energi alternatif pengganti bahan bakar fosil yang cadangannya semakin menips tapi masih menjadi penggerak utama perekonomian dunia sampai saat ini. Sangat terasa sekali bahwa meninggalkan minyak bumi sepertinya merupakan kerja keras yang amat berat, karna memang teknologi mesin bakar yang tersedia sampai saat ini masih didominasi minyak bumi. Sementara itu beralih ke energi alternatif berarti meninggalkan teknologi mesin bakar yang lama dan mencipatakan teknologi mesin bakar yang baru, suatu proses yang akan menelan biaya yang amat besar dan waktu yang lama.

Sekarang ini Indonesia menghasilkan sekitar 1 juta barel minyak per hari dengan  konsumsi kita 1,4 juta barel. Kekurangan 0,4 juta barelditutupi  dengan melakukan impor minyak mentah setiap hari.. Dengan angka konsumsi 1,4 juta barel per hari (setahun 450 juta barel), dan cadangan minyak bumi yang tersisa diperkirakan 9 miliar barel, maka minyak bumi akan kering bdari perut bumi Indonesia dalam kurun waktu kurang dari waktu 20 tahun. Inilah alasan utama yang mendesak untuk mengembangankan biofuel.

Amerika Serikat dan Brazil adalah dua negara yang paling cepat pertumbuhannya dalam memproduksi biofuel. Sebenarnya biofuel sudah mendapatkan perhatian semenjak krisis meinyak yang melanda dunia pada tahun 1970-an, tapi, produksiya sempat menurun di tahun 1990-an. Dan yang membuat biofuel mulai ramai dibicarakan dan dikembangkan lagi pada saat  isu lingkungan dan isu krisis energi kembali mencuat menjelang tahun 2000. Pada tahun Tahun 2005 produksi biofuel setara dengan 2% bensin dunia. Dari tahun 2000 sampai 2005, produksi etanol meningkat dari 4,6 miliar menjadi 12,2 miliar galon, atau meningkat 165%. Begitu juga dengan biodiesel. Tahun 2000 penggunaannya sebanyak 251 miliar galon, di tahun 2005 menjadi 790 milyar galon. Meningkatnya harga minyak dunia juga berdampak kepada produksi pertanian. Ini karena proses produksi pertanian sekarang menggunakan peralatan yang menggunakan bahan bakar minyak.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.