Friday, May 26, 2017

Saham Pertambangan Akan Mengalami Tekanan

May 14, 2010 by  
Filed under BBM

Jakarta – TAMBANG. Prospek dan harga komoditi hingga bulan ketiga 2010 ini masih relatif stabil. Lambatnya recovery ekonomi diperkirakan bakal membuat saham-saham pertambangan mengalami tekanan sepanjang tahun ini. Untuk dapat bertahan, emiten pertambangan disarankan untuk melakukan ekspansi dan diversifikasi usaha.

Demikian ujar Assistant Director Research PT Paramitra Alfa Sekuritas, Pardomuan Sihombing, kepada Majalah TAMBANG.

Ditemui awal Maret 2010 lalu, Pardomuan mengatakan suplai komoditi pertambangan di pasar dunia hingga saat ini masih cukup banyak. Namun harus diwaspadai karena justru demand-nya cenderung stagnan atau bahkan turun. “Ini karena program recovery ekonomi global belum sukses,” ulasnya.

Permintaan akan komoditi mineral seperti nikel, tembaga, dan timah juga drop, karena produsen otomotif, alat-alat rumahtangga, serta industri manufaktur lainnya sedang menahan produksi.

“Minyak dan batubara yang merupakan kebutuhan dasar saja sulit naik harganya. Apalagi untuk mineral yang boleh dibilang kebutuhan sekunder bahkan tersier,” jelasnya.

Dengan kondisi tersebut, Pardomuan memprediksi saham-saham pertambangan akan mengalami tekanan sepanjang 2010 ini. Ini karena konsumen komoditi pertambangan ada di luar negeri, dan sementara ini perbaikan ekonomi di negara-negara industri itu belum berhasil baik.

“Kami lebih menyarankan investor melirik emiten-emiten yang pasarnya ada di dalam negeri. Seperti saham-saham telekomunikasi yang harganya melejit saat ini. Saham TLKM (PT Telkom Tbk) misalnya, bisa mencapai level Rp 6.000 – Rp 7.000,” ujarnya Selasa, 2 Maret 2010.

Sebagai solusi, lanjutnya, emiten-emiten pertambangan harus melakukan ekspansi dan diversifikasi usaha. Hal itu pun sudah dibaca oleh sebagian emiten, yang telah mengumumkan rencana ekspansinya sejak awal 2010 lalu.

“Emiten pertambangan harus punya program ekspansi dan diversifikasinya yang jelas. Itu akan cukup menolong ditengah tekanan. Apalagi emiten pertambangan rata-rata sudah memiliki fundamental corporate yang baik,” jelas Pardomuan lagi.

majalahtambang.com
Abraham Lagaligo

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.