Saturday, July 22, 2017

RI Tawarkan 24-26 Kargo LNG

June 1, 2010 by  
Filed under BBG, Featured

Jakarta – Badan Pelaksana Hulu Minyak dan Gas (BP Migas) akan menawarkan kelebihan produksi gas alam cair (Liquid Natural Gas/LNG) sebanyak 24 hingga 26 kargo ke spot market sepanjang tahun 2010 dan 2011.

Menurut Deputi Operasional BP Migas, Budi Indianto, rencananya dari total kelebihan produksi tersebut 4-6 kargo diantaranya akan ditawarkan pada tahun ini, sementara sisanya sebanyak 20 kargo akan dijual tahun 2011.

“Kita akan roadshow kepada para pembeli seperti China, Korea dan Jepang. Kan mereka sudah punya fasilitas penerima,” ungkap Budi di Gedung Ratu Prabu 2, di Jakarta, Senin (31/5/2010).

Namun kepastian untuk total LNG yang akan dilepas ke spot market pada tahun depan, menurut Budi, tergantung pada kesiapan dari terminal LNG terapung (Floating Storage Receiving Terminal) yang dibangun Pertamina dan PGN untuk menyerapkan kelebihan produksi dari kilang Bontang tersebut.

“Mereka harus konfirmasi. kita sudah kasih batas waktu sampai akhir Mei ini. Juni mereka sudah harus lapor. Jadi Juli kita sudah bisa jalan,” jelasnya.

Selain itu, jumlah LNG yang akan diekspor tersebut juga bergantung pada pemenuhan kebutuhan elpijiĀ  Pertamina.

“Itu juga jadi pertimbangan. Kalau tidak diambil domestik, kami akan olah juga sebagian jadi elpiji,” ungkapnya.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.