Monday, May 22, 2017

RI Jajaki Impor Gas Dari Nigeria dan Qatar

March 12, 2010 by  
Filed under BBG, Featured

Indonesia menjajaki impor gas dari Nigeria dan Qatar untuk mengatasi defisit gas yang tengah terjadi di tanah air.

“Kita sudah pernah bicara dengan Qatar, Nigeria dan negara-negara lain,” ujar Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh di Kantor Kementerian ESDM, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis (11/3/2010).

Meskipun Darwin enggan menyebutkan berapa volume yang akan diimpornya, namunĀ  besaran impor tersebut akan disesuaikan dengan jumlah defisitnya dan dilakukan untuk menjaga ketahanan energi dan pangan.

“Kalau kita memang membutuhkan demi food and energy security maka kita akan impor karena itu sangat membantu, dengan catatan harganya bagus,” kata dia.

Seperti diketahui, untuk mengatasi defisit gas yang terjadi sekarang ini, Pemerintah mempersiapkan sejumlah opsi, antara lain impor, memperketat pemetaan antara pasokan dan kebutuhan serta memperketat keputusan-keputusan mengenai skala prioritas penggunaan gas.

Berdasarkan data Neraca Gas Indonesia 2010-2025, untuk tahun 2010 ini, contracted demand hanya dapat dipenuhi sebesar 88,9% dari existing supply dan project supply. Sedangkan dari contracted demand dan committed demand hanya dapat dipenuhi sebesar 75,7% dari existing supply dan project supply.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.