Friday, May 26, 2017

RI Berpotensi Mengambil Alih ‘Inalum & PLTA Asahan II’

March 20, 2010 by  
Filed under Hydro Power

PARAPAT, Sumut  –  Komisi VII DPR menyatakan konsorsium BUMN maupun swasta nasional berpotensi mengambil alih PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) dan PLTA Asahan II setelah kontrak kerja sama pengelolaan antara Indonesia dengan Jepang atas perusahaan itu berakhir pada 2013.

Demikian dikemukakan oleh Wakil Komisi VII DPR Effendi Simbolon tadi pagi saat memberikan keterangan kepada wartawan setelah melakukan kunjungan ke sejumlah pembangkit listrik dan pabrik di Provinsi Sumatera Utara kemarin. Selain mengunjungi PLTA Asahan I dan II, Komisi VII DPR juga meninjau PT Inalum dan PT Toba Pulp Lestari.

“Dari sisi keekonomian dan kemampuan untuk mengelola sudah sangat memungkinkan Indonesia untuk mengelola sepenuhnya Inalum dan Asahan II,” ujarnya didampingi anggota Komisi VII Sudewa dan Muhammad Syafruddin. Namun demikian, Effendi mengatakan akan mendalami Master of Agreement antara Indonesia dan Jepang terkait kedua perusahaan itu.

Effendi mengakui keputusan soal pengambilalihan dan pengelolaan ada di tangan pemerintah. Namun, tambahnya, DPR dan Komisi terkait akan mendorong investor lokal untuk masuk. “Apakah dilanjutkan atau tidak, kami melihat potensi untuk dikelola Indonesia sepenuhnya atas kedua perusahaan ini lebih besar,” katanya.

Khusus untuk PT Inalum, politisi dari fraksi PDIP itu menilai bahwa perusahaan tersebut tidak banyak berkontribusi terhadap Indonesia dan masyarakat di sekitar areal pabrik aluminium itu. Bahkan dari laporan para Bupati di sekitar perusahaan itu, kata Effendi, perusahaan yang sudah beroperasi hampir 30 tahun itu tidak menyumbang pada pendapatan asli daerah

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.