Saturday, March 25, 2017

Rest Area – Dahulu Dan Sekarang

January 3, 2010 by  
Filed under BBM, Featured

Dulu rest area di pinggir jalan tol cuma dilengkapi kedai-kedai sangat sederhana,  toilet dan  bengkel sekadarnya serta banyak yang  tidak terawat. Kini zaman semakin maju, tempat beristirahat sejenak di pinggir tol tampil sangat elegan, nyaman, modern dan serba lengkap karna memang sudah menjadi tuntutan masyarakat. Fasilitas-fasilitas yang rasanya mutlak harus tersedia adalah:  mulai dari restoran, mini market , fast food, bengkel, parkir yang luas dan tentu saja rasanya hampir tak mungkin sebuah rest area di pinggir jalan tol hadir tanpa SPBU.

Diantara tol Cikampek dan tol Cipularang, terdapat rest area modern yang tidak pernah sepi dari pengguna jalan tol, mereka betah berlama-lama disana, paling tidak sekadar untuk beristirahat menghilangkan kepenatan. Saat musim liburan, tak ubahnya seperti area food court di mal-mal yang biasa dipadati pengunjung.

Besarnya kebutuhan akan rest area yang nyaman, lengkap serta bersih di jalan tol, membuka peluang tersendiri bisnis ritel. Kini banyak pedagang kecil dari konsep lama, kini pindah berjualan dengan meyewa kios di rest area yang dikelola secara profesional dan fasilitas lengkap. Saat ini , rest area modern yang memiliki  konsep one stop shopping sudah menjadi  persyaratan utama. Fasilitas-fasilitas mutlak yang sudah harus ada di rest area seperti SPBU, ATM, kantin, restoran, toilet yang bersih, sarana ibadah yang megah, bengkel dsb.

Rest Area KM 57 di jalan tol Cikampek, setiap harinya tidak kurang kurang dari 5000 kendaraan masuk kawasan Rest Area tersebut, sekitar 2000 sampai 3000 diantaranya adalah bis-bis antar kota antar propinsi (AKAP) dan truk.  Bisa dibayangkan nilai komersil rest area tersebut. Disamping itu, potensi pasar lain didapat dari para ekspatriat dan karyawan pabrik-pabrik yang terletak tak jauh lokasi Rest Area 57. Pada saat jam-jam istirahat atau saat pulang kerja, banyak dari mereka yang berbelanja atau hanya duduk-duduk beristirahat sambil ngopi di rest area yang luasnya sekitar 5,1 hektar ini.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.