Monday, October 23, 2017

Realisasi PLTP Sarulla Tunggu Kesepakatan Harga

February 13, 2010 by  
Filed under Featured, Geothermal

PT Medco Energi International Tbk melalui anak usahanya, PT Medco Power Indonesia, segera merealisasikan pembangunan pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) Sarulla di Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara segera setelah ada kesepakatan soal penyesuaian harga jual listrik US$ 6 sen per kilowatthour (kWh). Demikian informasi terkini dari Paramita Alfa Securitas.

Perseroan bersama mitra konsorsium Ormat Technologies AS, Kyushu Electric, dan Itochu Corporation Jepang segera merealisasikan pembangunan PLTP Sarulla sesuai komitmen. Namun, pembangunan PLTP itu belum bisa dilakukan karena Medco dan mitra konsorsium masih merundingkan penyesuaian harga jual listrik PLTP Sarulla dengan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Dirjen Listrik dan Pemanfaatan Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jacobus Purwono sebelumnya mengatakan, persetujuan penyesuaian harga PLTP Sarulla dari US$ 4,6 sen per kWh menjadi US$ 6 sen per kWh sebenarnya sudah final. Namun, PLN belum menyampaikan secara formal persetujuan harga baru tersebut, karena tidak mempunyai payung hukum untuk menetapkan penyesuaian harga itu.

Masalah dasar hukum untuk penyesuaian harga itu akan diatasi dengan opini dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Penyesuaian harga yang diminta sekitar US$ 6 sen per kWh itu merupakan harga yang wajar untuk pengembangan PLTP Sarulla saat ini.

Pemerintah menanti PLN mengajukan permohonan persetujuan harga itu, yang disertai rekomendasi dari BPKP.Proyek PLTP Sarulla diperkirakan menghabiskan dana sedikitnya US$ 800 juta atau hampir Rp 8 triliun. Dalam proyek itu, Medco memiliki 37,5% saham, Itochu Corporation 25%, Kyushu Electric Power Inc 25%, dan Ormat International Inc 12,5%.

Sebagian dana proyek tersebut berasal dari pinjaman Japan Bank for International Cooperation (JBIC). Lembaga keuangan dari Jepang itu rencananya menanggung biaya sekitar 70% dari total investasi.
Menurut rencana, kapasitas terpasang PLTP Sarulla ke depan dikembangkan menjadi 1.000 MW dengan investasi hampir US$ 2,4 miliar. Namun, pengembangan proyek tersebut direncanakan dalam beberapa tahap.

Majalah Tambang

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.