Monday, May 22, 2017

PT Timah optimalkan penambangan laut

May 24, 2010 by  
Filed under Alternatif

PT Timah Tbk optimalkan penambangan laut untuk mencapai produksi sebesar 35.000 ton atau mencapai 70% dari total target produksi tahun ini sekitar 50.000 ton, mengingat semakin maraknya pertambangan illegal di darat.

Direktur Utama PT Timah Tbk Wachid Usman mengungkapkan BUMN tambang itu sudah mulai mengurangi aktifitas tambang di darat karena banyak terbentur dengan tumpang-tindih lahan dan isu lingkungan.

“Kami sekarang mengoptimalkan eksplorasi di tambang laut karena di tambang darat kompetisinya susah dan segi lingkungannya juga menjadi kendala. Kalau tahun lalu komposisi produksi sekitar 50% di laut dan 50% darat, tahun ini kontribusi laut menjadi 70% dan sisanya darat,” katanya hari ini.

Hal itu, lanjutnya, sebagai upaya antisipasi tambang darat yang banyak berbenturan dengan kasus tumpang tindih dan illegal mining.

Menurut dia, keberadaan illegal mining di wilayah tambang perseroan, berdampak kepada penurunan realisasi produksi. Persero telah mempersiapkan sebanyak 5 unit jenis kapal berkapasitas 250.000 ton untuk menambah 8 kapal yang sudah berproduksi.

Wachid menambahkan permintaan timah di pasar internasional hingga akhir tahun ini diperkirakan naik sekitar 10%-15%, seiring dengan semakin membaiknya kondisi harga komoditas tambang tersebut.

Sementara itu, lanjutnya, kebutuhan timah di pasar dalam negeri hanya sekitar 3% dari total produksi 50.000 ton. “Ekspor dan harga timah membaik karena memang permintaan meningkat.”

Dibandingkan dengan tahun lalu, dia menjelaskan, permintaan timah naik sekitar 10% hingga 15% atau kembali pada posisi 2008. “Sekarang ini perekonomian mulai pulih, tetapi kan ada ganguan krisis Yunani yang tentunya akan berdampak kepada industri timah.”

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.