Friday, May 26, 2017

PT Timah jajaki pembelian 2 tambang batu bara

November 14, 2010 by  
Filed under Coal

Energi ;  PT Timah (Persero) Tbk menjajaki pembelian dua tambang batu bara di Sumatra Selatan.
Direktur Keuangan Timah Krishna Syarif mengatakan untuk menguasai satu pertambangan batu bara minimal dibutuhkan dana sebesar US$35 juta.

“Setidaknya untuk satu KP [kuasa pertambangan] dibutuhkan dana minimal US$35 juta,” ujarnya hari ini.

Namun, dia tidak menyebutkan berapa dana yang telah disiapkan untuk mengakuisisi dua tambang batu bara itu. Untuk permodalan akuisisi itu, lanjutnya, perseroan akan menggunakan dana internal dan juga memanfaatkan fasilitas pinjaman dari sejumlah perbankan yang belum dicairkan.

“Pinjaman perbankan yang belum dicairkan banyak. Kami ada pinjaman ke bank BUMN seperti Bank Mandiri, bank swasta lainnya, dan bank asing seperti Bank of Tokyo. Dari salah satu bank kami masih ada pinjaman sebesar Rp1,5 triliun yang belum digunakan,” jelasnya.

Direktur Utama Timah Wachid Usman menambahkan kondisi keuangan perseroan saat ini masih cukup kuat. Dia menambahkan saat ini perseroan sedang dalam proses uji tuntas (due diligence) terkait dengan proses akuisisi dua tambang batu bara dan diharapkan selesai pada 2011.

Namun, dia enggan memerinci dananya. “Berapa dana yang kami siapkan belum bisa beritahukan, nanti saja. Modalnya bisa dari dana internal karena kondisi keuangan masih baik. Kami juga ada peluang pinjaman dari beberapa perbankan,” jelasnya.

Berdasarkan data keuangan perseroan, jumlah kas Timah pada kuartal III/2010 mencapai Rp560 miliar atau melesat 235,32% dari posisi pada kuartal IV/2010 sebesar Rp167 miliar. Namun, jumlah aset perseroan turun tipis 8,13% menjadi Rp3,12 triliun dari Rp3,4 triliun

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.