Friday, May 26, 2017

PT Sugi Samapersada Tuntaskan Akuisisi Elnusa

March 28, 2010 by  
Filed under BBM

Perusahaan perdagangan suku cadang dan jasa minyak dan gas, PT Sugi Samapersada Tbk, telah menuntaskan akuisisi 100 persen saham perusahaan migas Storey Gate Ltd senilai 1,2 juta dollar AS atau sekitar 12 miliar rupiah.

Dengan demikian, perseroan memiliki tidak langsung 37,5 persen saham pada Elnusa Tristar Ramba Ltd, anak usaha Storey Gate.

Direktur Utama Sugi Samapersada Benny A Situmorang mengatakan akuisisi tersebut telah disetujui oleh pemegang saham melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB).

“Dengan tuntasnya akuisisi ini menjadi langkah awal perseroan ke bisnis eksplorasi dan produksi minyak dan gas,” ujarnya, Kamis (25/3).

Menurut Benny, pembiayaan akuisisi tersebut seluruhnya menggunakan dana kas internal. Selain persetujuan akuisisi, RUPSLB menyetujui rencana perseroan untuk menjaminkan seluruh saham dari proses akuisisi tersebut untuk upaya pencarian pinjaman perseroan di masa mendatang.

Ini disebabkan perseroan membutuhkan dana besar untuk kebutuhan pengembangan setelah masuknya Elnusa Tristar Ramba LTD.

“Sektor eksplorasi dan produksi minyak dan gas adalah bisnis yang padat modal sehingga butuh pendanaan besar,” jelasnya.

Ke depannya, perseroan akan membuka opsi pendanaan eksternal, baik melalui pinjaman bank maupun penambahan modal melalui jalur pasar modal, berupa pelepasan saham baru atau rights issue.

Perseroan juga berencana mengubah nama untuk merepresentasikan bisnis baru yang akan dijalani. Selain itu, perseroan membuka opsi untuk menambah sumber daya untuk pengembangan usaha.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.