Tuesday, March 28, 2017

Komisaris Pertamina akan diganti akhir Maret

March 11, 2010 by  
Filed under BBM

Pemerintah disebut-sebut kembali melanjutkan perombakan di jajaran manajemen PT Pertamina (Persero) yang direncanakan akhir Maret ini, terutama jajaran dewan komisaris setelah melakukan perombakan di jajaran direksi BUMN itu.

Rencana itu dilakukan setelah Komisaris Utama Pertamina Sutanto menjadi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) dan Gita Wirjawan menjadi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) sehingga kinerja jajaran komisaris yang berjumlah 7 orang menjadi tidak efektif.

Berkaitan dengan itu, Anggota Komisi VII DPR Dito Ganinduto mendesak pemerintah agar segera mengganti jajaran komisaris Pertamina, termasuk yang sudah terlalu lama menduduki posisi di dewan komisaris.

“Misalnya Umar Said, mantan Sekjen Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral [ESDM] telah berusia 69 tahun. Selain itu, Umar juga menduduki posisi itu sejak 2005. Artinya, dewan komisaris Pertamina butuh penyegaran,” ujarnya hari ini.

Selain Sutanto dan Gita Wirjawan, anggota dewan komisaris lainnya adalah Umar Said, Maizar Rahman, M Abduh, Sumarsono, dan Humayunbosha.

“Pemerintah harus segera mengisi kekosongan komisaris Pertamina. Lima komisaris yang ada, tidak akan efektif menjalankan fungsinya.”

Senada dengan Dito, Direktur Pusat Studi Kebijakan Publik (Puskepi) Sofyano Zakaria mempertanyakan kelambanan pemerintah mengganti jajaran Dewan Komisaris Pertamina.

Menurut dia, komisaris mestinya satu paket dirombak dengan jajaran Dewan Direksi Pertamina beberapa waktu lalu.

“Harus ada penyegaran, komisaris saat ini sudah tua. Seluruh komisaris Pertamina saat ini mestinya diganti dengan wajah baru yang lebih segar dan dapat meneruskan mekanisme pengawasan terhadap dewan direksi.”

Sejumlah nama saat ini disebut-sebut sebagai calon komisiars Pertamina. Mantan Menko Polhukham Laksamana (purn) Widodo AS kabarnya bakal menjabat Komut Pertamina menggantikan Sutanto. Nama lain yang akan masuk adalah Letjen (purn) Syamsir Siregar, mantan kepala Badan Intelijen Negara.

Pada 19 Februari 2010, pemerintah telah melantik direksi baru Pertamina yakni Dirut Karen Agustiawan, Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko Ferederick ST Siahaan, Direktur Sumber Daya Manusia Rukmi Hadihartini, Direktur Umum Waluyo, Direktur Hulu Bagus Setiardja, Direktur Pengolahan Edi Setianto, Direktur Pemasaran dan Niaga Djaelani Sutomo, dan Direktur Keuangan M Afdal Bahaudin.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.