Friday, May 26, 2017

PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) fasilitasi pelatihan tambang Asean

October 27, 2010 by  
Filed under Tambang

JAKARTA: PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) ditunjuk menjadi tuan rumah sekaligus nara sumber pelatihan perlindungan dan pengelolaan lingkungan perusahaan pertambangan pada Pertemuan Pejabat Senior Pertambangan se-Asean.

Pertemuan yang digelar di Townsite, Batu Hijau, Nusa Tenggara Barat (NTB) itu berlangsung sejak 18-21 Oktober 2010.

Presiden Direktur PTNNT Martiono Hadianto menilai penunjukan perusahaan pemilik Tambang Batu Hijau sebagai tuan rumah dalam pembahasan persoalan lingkungan tingkat Asia Tenggara tersebut merupakan bentuk pengakuan atas tingginya kinerja pengelolaan dan perlindungan lingkungan PTNNT.

“Kami mengucapkan terima kasih dan bangga atas kepercayaan yang diberikan Pemerintah Indonesia untuk NNT menjadi tuan rumah sekaligus nara sumber pada pelatihan ini,” tutur dia, dalam siaran persnya, hari ini.

Dia mengungkapkan empat negara, yakni Thailand, Filipina, Malaysia, dan Vietnam juga turut hadir pada pertemuan pelaku tambang se-Asean tersebut.

Menurut dia, dengan menjadi tuan rumah untuk pertemuan tersebut, memberikan kesempatan bagi NNT untuk memperlihatkan secara langsung kepada para pemangku pertambangan di Indonesia dan Asean tentang kinerja lingkungan perusahaan.

“Tahun ini kami juga telah memperoleh penilaian terbaik dengan penghargaan Aditama dari Kementerian ESDM,” jelas dia.

Keberhasilan meraih kinerja terbaik dalam bidang lingkungan, lanjut Martiono, dicapai atas kerja keras seluruh karyawan dan kontraktor serta bimbingan dan arahan pemerintah pusat dan daerah dalam program pengelolaan lingkungan di tambang Batu Hijau.

Dalam upaya perlindungan lingkungan, dia menambahkan, PTNNT telah menanam lebih dari 28.000 batang pohon di areal reklamasi seluas 689 hektar, serta ratusan ribu pohon jati pada lahan milik masyarakat di lingkar tambang.

“Kami juga melakukan konservasi penyu, transplantasi karang pada terumbu karang buatan, dan Clean Up Day alias Hari Bersih Lingkungan yang sudah menjadi agenda tahunan,” tutur Martiono.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.