Sunday, September 21, 2014

Proyek pembangkit listrik geothermal butuh penjaminan

March 25, 2010 by  
Filed under Geothermal

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) menilai skema asuransi atau pemberian jaminan untuk proyek pembangkit listrik panas bumi mampu memberikan kepastian investasi, baik bagi perseroan itu maupun pengembang listrik swasta (independent power producer/IPP).

Pasalnya, pemerintah berencana mengembangkan 3.977 MW pembangkit panas bumi dalam megaproyek 10.000 MW tahap II yang diperkirakan menelan investasi sekitar US$12 miliar.

Direktur Bisnis dan Manajemen Risiko PLN Murtaqi Syamsuddin mengungkapkan usulan skema asuransi tersebut akan dibicarakan bersama pemerintah, kendati sebelumnya sudah disampaikan kepada Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII).

”Pembicaraan secara informal sudah disampaikan kepada pihak PII dan kita akan diundang oleh BKF [Badan Kebijakan Fiskal] besok [Kamis 25 Maret 2010],” ujarnya hari ini.

Selama ini, lanjutnya, investasi di sektor itu tidak banyak yang tertarik karena resikonya cukup besar, terutama risiko eksplorasi.

“Selama ini, investasi di sektor itu menimbulkan ketidakpastian mengenai siapa yang akan menanggung biaya risiko eksplorasi. Perlu ada cost recovery atas biaya eksplorasi yang dikeluarkan, terutama untuk risiko kegagalan karena dana eksplorasi goethermal itu tidak pasti.”

Lebih lanjut, dia menilai ketidakpastian tersebut sebetulnya bisa diatasi melalui skema-skema penjaminan semacam asuransi. Apalagi, PLN dan pengembang listrik geothermal sangat membutuhkan penjaminan tersebut.

Menurut Murtaqi, dengan skema tersebut tentunya ada premi yang akan dibayarkan kepada penjamin yang besaran preminya tergantung kepada kesepakatan antara PLN dengan pengembang.

”Itu nanti kita sepakati antara PLN dan pengembang. Bisa saja 50:50.”

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.