Friday, January 20, 2017

Prospek pemanfaatan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) sangat besar

April 8, 2010 by  
Filed under Alternatif

Prospek pemanfaatan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) sangat besar, karena selain tersedia tempat, potensinya cukup besar dan jenisnya beragam. Meskipun pemerintah telah mengeluarkan cukup banyak kebijakan dan regulasi yang mendukung pengembangan energi baru dan terbarukan, tetapi implementasinya di lapangan masih mengalami banyak kendala, harganya yang masih mahal dibandingkan energi konvensiona merupakan salah satunyal.

Dengan diterbitkannya Undang-Undang tentang Energi, dasar hukum pengembangan energi baru dan terbarukan menjadi lebih kuat karena secara khusus diamanatkan dalam Undang-Undang tersebut. Saat ini yang perlu mendapat perhatian adalah penelitian dan pengembangan energi baru dan terbarukan yang dapat menunjang pengembangan industri nasional yang mandiri serta dukungan pendanaan agar pengembangan energi alternatif dapat dipercepat.

Kondisi energi saat ini menurut anggota Dewan Energi Nasional (DEN) Eddie Widiono menghadapi berbagai permasalahan seperti, bauran energi tidak optimal, menurunnya produksi minyak bumi, kelangkaan energi (gas dan listrik) diberbagai daerah dan harga energi yang belum menyentuh nilai keekonomiannya serta subsidi energi semakin meningkat.

Berdasarkan Data Cadangan dan Produksi Energi Terbarukan Indonesia 2007, pemanfaatan EBT baru mencapai 5,921 MW (3.64%)  dari total potensi sebesar 162,770 MW, pemanfaatan terbesar adalah sumber energi mikrohidro yang mencapai 17.22% dan pemanfaatan terendah energi angin 0.01%

Pemanfaatan EBT telah dilakukan pemerintah melalui Program Listrik Desa, Interkoneksi Pembangkit Energi Terbarukan, Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), Desa Mandiri Energi (DME) dan Biofuel.

Dengan segala kelebihan dan kekuranganya, pemerintah akan terus mengoptimalkan pengembangan EBT untuk mencapai bauran energi yang optimal, ramah lingkungan sekaligus mendukung pembangunan daerah-daerah terpencil dan terisolasi.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.