Monday, May 29, 2017

Proses Negosiasi Blok Mahakam Berlanjut

April 18, 2010 by  
Filed under BBG

Proses negosiasi business to business antara PT Pertamina (persero) dengan Total EP terkait upaya BUMN Migas tersebut untuk memiliki saham dan terlibat dalam pengelolaan (operatorship) Blok Mahakam, Kalimantan Timur, masih terus berlangsung.

“Proses negosiasi b to b masih terus berjalan dan sejauh ini cukup konstruktif. Pihak Total juga cukup terbuka dalam proses ini,” ujar Manager Humas PT Pertamina EP Mochamad Harun.

Menurutnya, sejauh ini beberapa hal yang terus dibahas terkait dengan komposisi saham yang akan dilepas, dan masa transisi pengelolaan. Misalnya berapa besaran saham Total maupun Inpex yang bisa dilepas serta masa transisi ketika Pertamina menjadi operator di blok gas terbesar di Indonesia tersebut.

“Intinya proses masih berjalan dan cukup konstruktif,” ujar Harun.

Pihak Total sendiri sejauh ini tidak bisa dimintai konfirmasi terkait hal ini.

Meski telah mendapat dukungan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Darwin Zahedy Saleh untuk masuk Blok Mahakam secara bertahap sebelum 2017, Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu (BP) Migas berpendapat lain. Lembaga wakil pemerintah dalam kontrak migas ini sudah memberi komitmen untuk mempertahankan Total Indonesie dan Inpex Corporation sebagai operator kepada pembeli utama gas alam cair (liquified natural gas/LNG) asal Jepang.

“Untuk perpanjangan kontrak pembelian LNG Bontang, mereka (western buyer) menunggu komitmen kita untuk mendukung beroperasinya Total dan Inpex sampai 2017 dan kita sudah kasih komitmen itu,” ujar Deputi Pengendalian Keuangan BP Migas Wibowo S Wirjawan.

Dengan adanya komitmen tersebut, dipastikan tidak akan ada perubahan kepemilikan saham keduanya di Blok Mahakam hingga kontrak berakhir di tahun 2017.

“Kita sesuai kontrak saja. Perubahan kepemilikan saham (share) sangat mungkin setelah 2017 dan itu otoritas pemerintah apakah ada pemilik baru dari perusahaan nasional atau tidak,” tutur Wibowo.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.