Sunday, October 22, 2017

Proses audit BP Migas lebih ketat

April 17, 2010 by  
Filed under BBM

Deviasi realisasi penggunaan anggaran untuk kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi semakin rendah, dan cenderung berada di bawah rencana program dan anggaran (work program and budget)sebagai bagian dari perbaikan proses audit Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas bumi.

Deputi Pengendalian Keuangan BP Migas W.S. Wirjawan mengatakan biasanya deviasi penggunaan anggaran oleh kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) cukup lebar dan cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan rencana. Namun, tuturnya, berdasarkan hasil proses audit tahun lalu deviasi itu menciut hingga 10% lebih rendah dari WP&B.

“Kalau melihat kasus-kasus tertentu memang masih ada yang lebih tinggi karena berbagai sebab. Tetapi kalau melihat secara komprehensif jumlahnya lebih rendah, yaitu sekitar 10% lebih rendah dibandingkan dengan WP&B,” katanya hari ini.

Wirjawan mengatakan proses audit BP Migas kini dilakukan dengan lebih ketat sebagai bagian dari upaya peningkatan good corporate governance (GCG). “Mendapatkan persetujuan authorization financial expenditure [AFE] itu tidak mudah loh. Kami kuliti benar itu.”

Penggunaan anggaran tersebut, tuturnya, akan berdampak pada besaran cost recovery yang tahun ini dipatok pada level US$12 miliar. Pada kuartal pertama, tuturnya, realisasi penggunaan anggaran pada kuartal pertama 2010 sebesar US$2,6 miliar, yang terdiri dari kegiatan eksplorasi dan eksploitasi.

“Pada kuartal pertama realisasi investasi hulu US$2,6 miliar, tetapi biasanya Q3 dan Q4 akan naik. Tetapi kami harapkan angka cost recovery finalnya tidak sampai US$12 miliar. Realisasi investasi di kuartal pertama itu pun juga termasuk di dalamnya investasi eksplorasi yang tidak di-reimburse,” katanya.

“[Cost recovery] mestinya tidak lebih dari US$12 miliar asalkan tidak banyak terjadi unplanned shutdown karena itu akan membuat biaya lebih besar. Kami juga akan genjot kegiatan eksplorasi.”

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.