Monday, March 27, 2017

Produksi Minyak Diatas 950 Ribu Barel Per Hari

March 29, 2010 by  
Filed under BBM, Featured

Produksi rata-rata minyak bumi dari Januari hingga akhir Maret 2010 sekitar 953 ribu barel per hari, termasuk kondensat sebanyak 145 ribu barel. Realisasi produksi harian ini sangat tergantung pada kondisi peralatan penunjang produksi yang sebagian besar telah memasuki usia tua dan membutuhkan investasi tambahan untuk pemeliharaan ataupun penggantiannya.

“Bila semua peralatan berjalan seperti yang direncanakan, potensi produksi minyak mencapai 975 ribu barel per hari. Terbukti pada awal tahun, produksi pernah menyentuh 970 ribu barel,” ujar Kepala Dinas Hubungan Masyarakat dan Hubungan Kelembagaan, Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BPMIGAS), Sulistya Hastuti Wahyu di Jakarta, Jumat (26/3).

BPMIGAS optimis target produksi minyak yang ditetapkan pemerintah sebesar 965 ribu barel per hari bisa tercapai. Begitu pula dengan target produksi gas bumi. Hingga pertengahan Maret 2010, pencapaian pencapaian produksi gas Indonesia mencapai 8.776 juta kaki kubik per hari (mmscfd). Realisasi produksi ini di atas target APBN sebesar 7.758 mmscfd.

“Beberapa kebijakan dijalankan untuk mencapai target pemerintah, antara lain mengusahakan agar proyek-proyek baru dapat direalisasi tepat waktu,” katanya.

BPMIGAS juga melakukan percepatan proses persetujuan work program and budget (WP&B), authorization for expenditure (AFE), dan plan of development (PoD). Kini, proses WP&B hanya 25 hari kerja, PoD memakan waktu 31 kerja, dan AFE diperkirakan berkisar 23 sampai 48 hari kerja.

Selain itu, BPMIGAS mendorong kontraktor untuk melaksanakan infill drilling pada sumur-sumur produksi dan pemeliharaan peralatan bagi fasilitas-fasilitas produksi yang sudah tua untuk mengurangi unplanned shutdown peralatan penunjang produksi.

“Kami berharap bantuan semua pihak, agar masalah-masalah non teknis yang dapat menghambat realisasi kegiatan migas di lapangan tidak terjadi,” tambahnya. Beberapa masalah eksternal yang dimaksud, antara lain alotnya proses perijinan dari berbagai instansi dan gangguan cuaca.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.