Sunday, March 26, 2017

Produksi Chevron ikut turun akibat kebocoran gas TGI

October 4, 2010 by  
Filed under BBM

Kebocoran pipa gas milik PT Transportasi Gas Indonesia (TGI) di ruas Grissik ke Lapangan Duri yang terjadi pada 29 September berakibat terhadap penurunan produksi minyak lapangan milik PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) itu hingga 29.600 barel per hari (bph).

Kepala Dinas Humas dan Hubungan Kelembagaan, Badan Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) Elan Biantoro mengungkapkan dalam kondisi normal kapasitas produksi dari lapangan minyak yang berlokasi di Desa Kampung Sawah Kabupaten Indrigiri Hulu,Riau, itu mencapai lebih dari 180.000 bph.

“Kemarin saja produksinya turun 29.600 bph, tetapi angka pastinya [penurunan produksi] akibat kejadian tersebut [kebocoran pipa] belum bisa dipastikan. Kami masih menunggu laporan,” tutur dia, hari ini.

Menurut Elan, penurunan produksi di Lapangan Duri itu akan terus berubah, tergantung jumlah sumur yang terpaksa ditutup akibat kekurangan pasokan gas. Pasalnya, kemampuan power generation pembangkit dan injeksi gas uap untuk kegiatan produksi, juga akan berkurang bila pasokan gas menurun.  “Karena itu kejadiannya baru kemarin, total berapa sumur yang mau ditutup itu baru bisa diketahui malam ini.”

Dia memperkirakan perbaikan pipa yang menyalurkan gas dari lapangan Grissik milik ConocoPhillips ke lapangan Duri itu akan membutuhkan waktu selama 5 hari.

Dia mengakui, hingga kini penyebab kebocoran pipa tersebut memang belum diketahui karena penyelidikan dan investigasi masih berlangsung. BP Migas juga mengirimkan tim khusus untuk mengidentifikasi penyebab kebocoran pipa, sekaligus membantu perbaikannya bersama TGI dan ConocoPhillips.

“Ini [dampak kebocoran pipa] memang sangat merugikan negara karena pemasukan dan produksi kita akan bekurang cukup signifikan. Tapi tim sudah turun ke sana karena kondisinya sudah sangat kritis dan bahaya,” tutur Elan.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.