Monday, July 24, 2017

Produksi batu bara tak terpengaruh cuaca tingginya curah hujan

October 5, 2010 by  
Filed under Coal

JAKARTA: Tingginya curah hujan dan kondisi cuaca ekstrem yang sulit diduga sepanjang tahun ini, diyakini tidak akan memengaruhi kinerja produksi batu bara secara keseluruhan, sehingga target 2010 sebesar 275 juta ton akan terealisasi.

Direktur Jenderal Mineral, Batu Bara, dan Panas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bambang Setiawan mengungkapkan realisasi produksi batu bara nasional sampai kuartal III tahun ini sudah mencapai sekitar 206,2 juta ton atau 75% dari target 275 juta ton untuk tahun ini.

“Sebenarnya angka 275 juta ton itu, sudah jauh lebih tinggi dibandingkan dengan rencana awal kita. Tapi kami yakin itu akan tercapai karena sampai saat ini sudah 206,2 juta ton. Itu [angka] belum ter-record semuanya. Kalau sudah, bisa lebih dari itu,” tutur dia, hari ini.

Berdasarkan Kepmen ESDM No. 1604 K/30/MEM/2010 tentang Penetapan Kebutuhan dan Persentase Minimal Penjualan Batu bara untuk Kepentingan Dalam Negeri Tahun 2010, target total produksi batu bara tahun ini sebesar 262,48 juta ton, yang akan disumbang dari 36 perusahaan Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B), satu BUMN, dan 6 kuasa pertambangan (KP) dan atau IUP batu bara.

Menurut Bambang, kementeriannya tidak terlalu mengkhawatirkan ancaman terganggunya target produksi batu bara nasional akibat tingginya curah hujan saat ini. Pasalnya, kata dia, total produksi 275 juta ton tersebut merupakan target moderat yang ditetapkan kementeriannya.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.