Friday, May 26, 2017

Presiden Perintahkan Investigasi Elpiji

July 6, 2010 by  
Filed under BBG

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memerintahkan investigasi secara mendalam tentang maraknya kasus ledakan tabung gas ukuran 3 kilogram. Presiden meminta agar dijelaskan alasan meledaknya tabung tersebut.

“Tetap ingin dilapori tabung LPJ itu, investigasinya mengapa? Supaya tidak dipelintir ke sana kemari. Jelas. Dengan penjelasan yang jelas, saya harap media massa juga mengangkat secara jelas. Rakyat mendapatkan informasi yang jelas, itulah demokrasi,” tukas Presiden ketika membuka rapat terbatas di kantor presiden, Jakarta, Senin (5/7).

Secara terpisah Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono menyatakan tim antarkementerian dan lembaga bekerja keras guna mengatasi dan mencegah masalah ledakan tabung gas. Salah satu prioritasnya ialah menarik tabung gas dan aksesorisnya yang tidak lolos standardisasi Badan Standardisasi Nasional (BSN).

“Tabung yang tidak berstandar SNI atau palsu harus ditarik dan pemerintah menyediakan penggantinya, khususnya bagi mereka yang kesulitan,” tukas Agung.

Agung juga menyatakan guna mendapatkan pengganti masyarakat harus membayar sesuai harga pabrik untuk setiap aksesoris tabung. Tim juga akan melakukan sosialisasi tentang cara penggunaan tabung gas dan aksesorisnya, serta persyaratan standar lain terkait penggunaan tabung gas tersebut.

Namun, dia tidak menyebut batas waktu untuk setiap rencana kerja yang akan dilakukan oleh tim. Tim akan bekerja serempak di berbagai sektor.

Oleh karena itu, tim tersebut terdiri dari sejumlah tenaga ahli dari Kementerian Koordinator Kesra, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian ESDM, Kementerian Luar Negeri, Pertamina, Kepolisian, dan BSN.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.