Friday, July 21, 2017

Presiden Islandia: Negara Kami Hidup dari Panas Bumi

May 4, 2010 by  
Filed under Featured, Geothermal

NUSA DUA. Suatu kebanggaan tersendiri ketika event akbar panas bumi dunia “World Geothermal Congress (WGC) 2010” yang berlangsung di Bali International Convention Centre, 25-30 April 2010, dihadiri dua orang Presiden, Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono sebagai tuan rumah, dan orang nomor satu Islandia, Presiden Ólafur Ragnar Grímsson.

Presiden Islandia, dalam pembukaan WGC 2010 mengatakan, negaranya merupakan negara yang hidup dari panas bumi. Di negara gunung berapi itu, penggunaan panas bumi tidak hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhan listrik rumah tangga atau industri, tetapi panas bumi juga digunakan untuk memenuhi kebutuhan transportasi terutama bagi kendaraan yang menggunakan listrik sebagai sumber energinya.

“Energi panas bumi telah banyak membantu Islandia untuk tetap survive,” ujar Presiden Ólafur. Panas bumi telah membantu perekonomian masyarakat Islandia, dengan menyediakan pemanas listrik yang murah bagi masyarakat, perumahan, maupun perusahaan. Dengan panas bumi pula, lanjut Presiden, Islandia berkembang menjadi negara menjadi tujuan investor dengan dibangunnya pabrik smelter, industri-industri berbasis teknologi, dan berbagai jenis usaha lainnya.

Presiden Ólafur menyampaikan, pemanfaatan panas bumi di Islandia bukan berasal dari kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah, tetapi inisiatif datang dari masyarakat yang melihat potensi di sekitar gunung berapi. Inisiatif ini kemudian didukung sepenuhnya oleh pemerintah.

Kepada Indonesia yang memiliki sumber daya panas bumi yang melimpah, Presiden Ólafur menyarankan untuk terus meningkatkan berbagai proyek panas bumi baik yang tersebar di berbagai wilayah. Pengembangan proyek panas bumi di daerah penting dilakukan, karena panas bumi tidak hanya dibutuhkan sebagai pembangkit listrik, tetapi juga menjadi sumber utama peningkatan ekonomi, termasuk untuk mitigasi perubahan iklim dan energi yang ramah lingkungan.

Saat ini, tercatat lima Pembangkit Listrik Tenaga Panasbumi (PLTP) besar di Islandia  untuk memenuhi sekitar 24% kebutuhan listrik negara berpenduduk 500.000 jiwa tersebut. Kelima PLTP tersebut adalah Pembangkit Svartsengi, Pembangkit Nesjavellir, Pembangkit Krafla, Pembangkit Hellisheioi, dan Pembangkit Reykjanes. Pembangkit Svartsengi dan Pembangkit Nesjavellir menghasilkan listrik dan air panas, sedangkan tiga lainnya hanya menghasilkan listrik.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.