Wednesday, May 24, 2017

Potensi panas bumi di kawasan konservasi 70%

March 10, 2010 by  
Filed under Featured, Geothermal

Kawasan konservasi Indonesia memiliki potensi panas bumi (gepthermal) hingga mencapai 70% atau 40% sumberdaya panas bumi dunia. Namun pemanfaatannya belum maksimal.

“Karena potensi geothermal di atas lahan konservasi itu sampai 70%, maka penggunaan panas bumi di atas hutan konservasi harus ada aturan mainnya. Kini tengah di bahas dengan Kementerian ESDM,” ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam (PHKA) Kementerian Kehutanan Darori, hari ini.

Dia mengungkapkan pemanfaatan panas bumi (geothermal) di Indonesia belum maksimal mengingat masih minimnya payung hukum yang mengatur pengelolaannya. Meskipun sudah ada Peraturan Pemerintah (PP) No.24/2010 tentang Penggunaan Kawasan Hutan, tetapi pengaturan pemanfaatan geothermal di kawasan hutan konservasi harus di koordinasikan kembali.

Menurutnya, pemanfaatan geothermal di atas lahan konservasi sangat potensial sejalan dengan beralihnya penggunaan bahan baku energi fosil pada energi ramah lingkungan. “Selain itu, kita juga mesti mempersiapkan teknologinya yang sangat canggih.”

Berdasarkan data Geothermal Explorers Ltd, di AS energi panas bumi ini menyumbangkan 10% kebutuhan listrik pada 2050 atau setara dengan pembangkit listrik kapasitas 100 gigawatt (GW). Bahkan laporan tersebut juga menyebutkan dengan pengembangan teknologi lebih lanjut, jumlah energi yang secara ekonomis dapat dimanfaatkan bisa meningkat hingga 10 kali lipat dari yang ada saat ini.

Staf ahli bidang teknologi dan pembangunan berkelanjutan Kementerian Lingkungan Hidup, Dana Kartakusuma mengutarakan Indonesia memiliki potensi energi panas bumi terbesar di dunia, tetapi belum dimanfaatkan maksimal. “Indonesia memiliki energi panas bumi sebanyak 33 GW, baru sebesar 1 GW yang dimanfaatkan. Potensi panas bumi Indonesia terbesar di dunia,”ungkapnya.

Kartakusuma menambahkan potensi tersebut sangat mungkin ditingkatkan menjadi 5 kali lipat atau lebih dari 165 GW. Menurutnya, hingga 25 tahun yang akan datang 50% dari potensi tersebut bisa dimanfaatkan, maka pada 2030 diperkirakan energi panas bumi mampu memenuhi sebagian besar kebutuhan listrik Indonesia.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.