Friday, March 24, 2017

Potensi Listrik 5 Blok CBM Capai 23 MW

April 29, 2010 by  
Filed under BBG, Featured

Jakarta – Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Ditjen Migas) menegaskan 2011 mendatang potensi listrik dari lima lapangan CBM mencapai 23 MW.

“Akan ada lima pembangkit listrik skala kecil dengan kapasitas total 23 MW yang tersebar di Kalimantan dan Sumatera, memanfaatkan gas dari lima lapangan CBM,” kata Dirjen Migas, Evita H Legowo di Jakarta, Rabu (28/4).

Rencananya kelima pembangkit skala kecil ini akan dibangun di daerah yang dekat dengan blok CBMnya. Adapun kelima blok yang akan berproduksi 2011 tersebut, antara lain blok Sekayu dengan konsorsium PT Medco CBN Sekayu, South Sumatera energi Inc. Untuk kontraknya sendiri ditandantangani 23 Mei 2008.

Kemudian Blok CBM Barito Banjar I, dengan operator PT Indobarambai gas methan, Blok Sangata I dengan konsorsium PT Pertamina EP dan Ephindo, Blok CBM Tanjung Enim dengan konsorsium Pertamina hulu energi methana enim, PT Bukit Asam Methana enim, Arrow Energy, Blok CBM Pulang Pisau dengan konsorsium Sigma Energi Bumi dengan Blue Tiger.

President Director PT Ephindo, Sammy Hamzah, menerangkan dari blok Sanggata diperkirakan akan menyumbang kapasitas listrik skala kecil 2 MW.

“Kami akan koordinasi dengan Ditjen Migas agar menjadi inisiator menyelesaikan beberapa persoalan, seperti siapa yang akan membangun pembangkit apakah PLN atau bahkan perusahaan operator CBM. Kalau perusahaan operator siapa dan bagaimana perizinannya,” kata Sammy.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.