Friday, May 26, 2017

Potensi energi terbarukan mulai digarap

November 19, 2010 by  
Filed under Alternatif, Featured

Energi ;  PT Pertamina (Persero) bekerja sama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk mengembangkan geotermal, gas methana batu bara (coal bed methane/CBM), shale gas, algae, dan angin sebagai sumber energi baru dan terbarukan di Tanah Air.

Senior Vice President Business Development Pertamina Slamet Riadhy mengungkapkan rencana pengembangan shale gas, algae, dan angin sebagai sumber energi merupakan tantangan baru bagi perseroan itu, mengingat geotermal dan CBM sudah lebih dulu dikembangkan.

Dengan adanya nota kesepahaman antara Pertamina dengan Balitbang Kementerian ESDM, jelas dia, tentunya bisa membantu perseroan untuk mengkaji sejauh mana tingkat keekonomian kelima energi baru dan terbarukan tersebut.

Sesuai dengan strategi pengembangan usaha energi baru terbarukan Pertamina, papar dia, mulai 2010-2013 memang difokuskan pada pemanfaatan geotermal dan CBM. Selanjutnya, Pertamina akan mengembangkan CBM, shale gas, angin, dan algae mulai 2014-2017.

“Target kami sesuai dengan visi Kementerian ESDM juga, pada 2025 nanti, Pertamina sudah bisa memanfaatkan kelima energi baru terbarukan tersebut sebagai sumber energi di dalam negeri,” tutur dia seusai penandatanganan MoU dengan Balitbang ESDM, hari ini.

Dia menilai hingga kini Indonesia baru berhasil memanfaatkan sekitar 4% dari seluruh potensi geothermal yang ada di Tanah Air. Padahal, kata dia, Indonesia memiliki potensi geotermal yang sangat besar di berbagai lempengan di bawah bumi yang tersebar di sepanjang lempeng Sumatra bagian Timur, Jawa bagian Selatan, sampai ke lempeng Sulawesi.

“Mudah-mudahan dengan kerja sama Balitbang ini pengembangan energi baru terbarukan Pertamina akan meningkat lagi.”

Sekretaris Balitbang Kementerian ESDM Retno Setiyoningrum mengemukakan pihaknya akan membantu Pertamina melakukan riset, penelitian, dan pengembangan teknologi dalam memanfaatkan energi baru terbarukan.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.