Friday, January 20, 2017

Potensi energi panas bumi bisa gantikan peran dominasi BBM

April 9, 2010 by  
Filed under Featured, Geothermal

Organizing Committee World Goethermal 2010 menilai energi panas bumi bisa mengatasi kenaikan kebutuhan energi dunia yang kini mencapai 15.000 gigawatt.

Organizing Committee World Geothermal Congress 2010 Herman Darnel Ibrahim mengemukakan potensi panas bumi dunia setara dengan 40.000 GW, namun potensi itu sedemikian besarnya belum dioptimalkan pemanfaatanya bukan hanya di Indonesia namun juga negara-negara dunia.

”Potensi geothermal dunia itu setara 40.000 GW sedangkan kebutuhan energi dunia setara 15.000 GW jadi geothermal sendiri secara teori dapat mengatasi keperluan energi dunia”, ujar Herman Darnel Ibrahim seperti dikutip dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral hari ini.

Sementara itu, Kepala Badan Geologi R. Sukhyar mengemukakan potensi panas bumi Indonesia yang mencapai 28,1 GW bila keseluruhan sumber daya itu dipakai akan dapat menggantikan BBM sekitar 12 miliar barel.Saat ini, cadangan minyak bumi Indonesia sebesar 6 miliar barel.

Indonesia, lanjutnya, merupakan pemilik sekitar 40% potensi panas bumi dunia. Namun, pemanfaatan panas bumi sebagai sumber energi di Indonesia saat ini baru mencapai 4,2% (1.189 MW).

Pemerintah telah menyusun roadmap pemanfaatan panas bumi yang dituangkan dalam Kebijakan Energi Nasional dan mentargetkan pemanfaatan panas bumi menjadi 5% pada 2025, atau setara dengan kapasitas PLTP sebesar 9.500 MW.

Menurut Sukhyar, pemerintah terus berupaya mengatasi kendala-kendala dalam pengembangan panas bumi sehingga pemanfaatannya dapat lebih dioptimalkan sesuai yang sudah ditargetkan.

Beberapa kendala pengembangan panas bumi antara lain, tumpang tindih lahan (42,9 % dari total potensi Panas Bumi Indonesia berada di kawasan hutan lindung/konservasi), sinkronisasi RUKN dan RUKL dan kebijakan tarif sesuai kaidah bisnis.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.