Friday, July 21, 2017

Pola subsidi listrik direstrukturisasi secara bertahap

April 11, 2010 by  
Filed under BBM

Pemerintah segera merestrukturisasi pola pemberian subsidi listrik secara bertahap dalam empat tahun ke depan dengan mencabut hak kelompok masyarakat menengah ke atas untuk dialihkan bagi golongan masyarakat kurang mampu.

Hatta Rajasa, Menteri Koordinator Perekonomian, mengatakan idealnya subsidi hanya diberikan bagi kelompok masyarakat yang berhak, tetapi tidak di Indonesia yang 52% alokasi anggarannya justru dinikmati kelompok masyarakat mampu atau salah sasaran.

Untuk itu, pemerintah akan menggeser alokasi subsidi listrik yang selama ini dinikmati oleh kelompok masyarakat menengah ke atas untuk menambah subsidi bagi kelompok masyarakat kurang mampu.

“Artinya bukan menghilangkan subsidi, tetapi cuma menggeser pola pemberian subsidi. Yang tidak berhak, tidak akan mendapatkan subsidi. Maka secara hati-hati roadmap subsidi 2014-pun, pengguna listrik kelas bawah tetap diberikan subsidi,” tegas dia dalam workshop Forum Wartawan Keuangan dan Moneter (Forkem), hari ini.

Menurutnya, meski ada rencana kenaikan tarif listrik, baik tarif dasar listrik (TDL) maupun tarif listrik kapasitas 6.600 VA, tetapi tetap belum mencapai pada level harga keekonomian. Karenanya secara bertahap akan ada restrukturisasi pola pemberian subsidi listrik secara bertahap setiap tahunnya selama empat tahun.

Intinya, lanjut dia, kebijakan di bidang energy secara total harus dibenahi yang mengacu pada prinsip mengutamakan kepentingan nasional. Selain subsidi listrik alokasi subsidi bahan bakar minyak dan pupuk juga akan didisain agar tepat sasaran, termasuk memastikan ketersedian pasokan gas bagi industri dalam negeri.

“Karena kalau kebijakan energi tidak dibenahi, amak akan memperlambat kinerja sektor manufaktur. Gas balance harus cermat dibahas untuk betul-betul dibahas untuk memenuhi kebutuhan domestik.”

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.